Jakarta (ANTARA) - Pelaksana tugas Menteri Pemuda dan Olahraga (Plt Menpora) Muhadjir Effendy secara resmi melantik Surono sebagai Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis.

Surono sebelumnya menjabat sebagai Asisten Deputi Olahragawan Andalan yang juga berada di bawah Deputi IV. Dia naik tingkat untuk menggantikan posisi Raden Isnanta yang sebelumnya menjadi pelaksana tugas dari Chandra Bakti yang pensiun pada 1 Oktober lalu.

Selain melantik Surono sebagai Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Muhadjir juga melantik Yohan sebagai Staf Ahli Bidang Inovasi Kepemudaan dan Keolahragaan Kemenpora.

"Saya mohon tidak ada kata jeda. Malam ini langsung bekerja. Ingat ada program besar yang menunggu baik di sisi kepemudaan dan keolahragaan,” kata Muhadjir dalam sambutannya.

Baca juga: Muhadjir: Analisis dilakukan untuk petakan potensi medali SEA Games

Surono dan Yohan dilantik Muhadjir berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 43/TPA Tahun 2023 Pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang ditetapkan di Jakarta pada 28 Maret 2023.

Deputi IV Kemenpora memiliki sejumlah tugas dan fungsi. Seperti perumusan kebijakan di bidang pembibitan dan ilmu pengetahuan teknologi olahraga.

Peningkatan tenaga dan organisasi keolahragaan, industri dan promosi olahraga, olahraga prestasi, serta standardisasi, dan infrastruktur olahraga.

Selain itu juga memiliki tugas dan fungsi koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang pembibitan dan ilmu pengetahuan teknologi olahraga.

Baca juga: Plt Menpora kunjungi KONI Pusat bahas agenda olahraga terdekat

Lalu dalam penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria. Perannya juga untuk pemantauan, analisis, evaluasi, dan pelaporan di bidang pembibitan dan iptek olahraga.

Pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang pembibitan dan iptek olahraga. Lalu, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang pembibitan dan iptek olahraga, serta melakukan fungsi lainnya yang diberikan oleh menteri.

Muhadjir juga mengungkapkan agenda olahraga terdekat adalah SEA Games XXXII/2023 di Kamboja dan juga ada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh-Sumatra Utara.

“Kita akan hadapi SEA Games dan PON, semuanya harus disiapkan termasuk agenda kepemudaan. Semuanya masing-masing ada tantangan. Harus kerja keras semuanya. Karena itu tak ada kata berhenti ataupun jeda, semua harus segera kerja keras,” kata Muhadjir.

Baca juga: Muhadjir pastikan proses transisi ke Menpora definitif berjalan baik
Baca juga: Muhadjir harap FIFA dapat bijak tak kenakan sanksi ke Indonesia

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023