Notebook berteknologi dua grafis ke depan akan menjadi bagian dari kebutuhan pengguna, tidak sekedar meramaikan pasar namun akan menjadi bagian dari tuntutan pengguna,"
Bandung (ANTARA News) - Notebook berteknologi dual grafis yang memungkinkan pengguna menikmati kinerja grafis ganda yang menyala secara bersamaan ramaikan pasar notebook di Indonesia.

"Notebook berteknologi dua grafis ke depan akan menjadi bagian dari kebutuhan pengguna, tidak sekedar meramaikan pasar namun akan menjadi bagian dari tuntutan pengguna," kata Head of Marketing PT Samsung Elektronik Indonesia (SEIN) Kartono Haryono di Bandung, Minggu.

Menurut Kartono, penggunaa dual grafis mampu memberikan performa grafis yang superior. Notebook yang dilengkapi program tersebut akan memperkaya portofolio kategori sebagai notebook premium.

Ia menyebutkan, saat ini penggunaan dual grafis mungkin masih sedikit karena belum banyak kebutuhan dan pekerjaan yang membutuhkan teknologi itu, namun ke depan notebook itu menjadi pilihan pengguna baik di sektor bisnis, riset, perbankan, maupun sektor lainnya termasuk untuk kebutuhan pribadi.

"Dual grafis merupakan jawaban atas kebutuhan layar yang bisa menampilkan grafis secara superior," katanya.

Kartono mencontohkan, salah satunya produk Samsung Notebook Serie 5 Ultrathin, yang merupakan notebook tipis yang mengusung AMD Rodeon Dual Graphis pertama di Indonesia.

Teknologi itu memberikan salah satu pengalaman baru bagi pengguna yang selama ini belum terlalu banyak mengenal atau menggunakan fasilitas ganda itu.

Sementara itu terkait kehadiran tablet PC yang membanjiri pasar Indonesia, menurut dia tidak akan berpengaruh atau mengurangi permintaan pasar notebook.

"Memang sekilas fungsinya seperti sama, namun itu berbeda, pasarnya lain. Tablet PC lebih banyak digunakan untuk yang ringan-ringan, sedangkan notebook bisa digunakan lebih luas lagi dengan kapasitas data yang lebih besar," katanya.

Bahkan menurut Kartono Haryono, kolaborasi Samsung dengan AMD dalam produksi seri notebook terbaru yang dilepas ke pasaran telah menaikan penjualan produk itu sebesar 22 persen lebih, atau yang tertinggi.

"Kolaborasi dengan AMD dalam menghasilkan produk terbaru ini, menaikan penjualan produk sekitar 22,9 persen atau yang tertinggi yang dicapai selama ini," katanya menambahkan.
(S033/Y003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012