Jakarta (ANTARA) - Grup Astra, bagian dari PT Astra International Tbk, kembali menggelar kompetisi inovasi digital dan teknologi, Astranauts, yang diharapkan dapat menarik minat peserta pendaftar dengan jumlah yang lebih tinggi dari penyelenggaraan pertama pada 2022 lalu.

“Di tahun 2022 kita mengundang 1.000 tim yang mendaftar dan hampir 500 ide. Kita ingin di tahun ini lebih banyak lagi peserta yang mendaftar,” kata Chief of Group Digital Strategy Astra Paul Soegianto dalam Buka Puasa Bersama Astra di Jakarta, Kamis.

Ia merinci pada 2022 lalu sebanyak 931 peserta mendaftar Astranauts dengan 464 ide inovasi. Selama proses seleksi, sebanyak 15 juga dilaksanakan yang diikuti oleh 5.200 peserta webinar.

Adapun pendaftaran Astranauts dibuka mulai dari 8 Maret hingga 30 April 2023 yang dapat diakses melalui situs https://astranauts.astradigital.id.

Pada pelaksanaan tahun kedua ini, Astranauts mengangkat tema “Building A Sustainable Future Through Technology” dan mencari inovasi di bidang sustainability, edu-tech, emerging tech, health, agribusiness, mobility, fin-tech, logistic, serta media & entertainment.

Target peserta Astranauts adalah seluruh startup dan mahasiswa aktif dengan jenjang diploma, sarjana, atau magister di tanah air.

Peserta dari kategori startup harus sudah memiliki Minimum Viable Product (MVP), dan product traction, sementara peserta dari kategori mahasiswa, dapat mengajukan ide yang belum diimplementasikan dan belum dikomersialisasikan.

Rangkaian seleksi awal dimulai dari sesi preliminary round, dimana akan dipilih sepuluh finalis dari jalur startup dan mahasiswa, yang kemudian akan mendapatkan sesi mentorship dari para ahli di bidangnya.

Para finalis terpilih akan mempresentasikan startup atau ide bisnis mereka dalam sesi Demo Day, dan diakhiri dengan Awarding Astranauts 2023 pada 7 Juni 2023.

Selanjutnya, akan diadakan Astranauts Conference pada 8 Juni 2023, dengan berbagai topik menarik dan pembicara ahli di bidangnya.

Para pemenang Astranauts 2023 kategori startup dan mahasiswa akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai total ratusan juta rupiah dan kesempatan untuk berkolaborasi dan bergabung menjadi bagian dari komunitas startup Astra (Astra Startup Community).

“Penyelenggaraan Astranauts dalam mengembangkan ekosistem digital dan tekonologi untuk hari ini dan masa depan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia,” imbuh Paul.

Baca juga: Astra kembali gelar kompetisi inovasi digital dan teknologi
Baca juga: Toyota bukukan penjualan 56 ribu unit di dua bulan pertama 2023
Baca juga: Astra Financial berencana luncurkan bank digital pada September 2023

 

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023