Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menyediakan 1.000 paket sembako seharga Rp25 ribu per paket berisi beras, minyak goreng dan gula di pasar murah sembako di Rawa Badak Utara, Jakarta Utara, Kamis.

Keberadaan pasar murah itu, kata Kepala Grup Sekretariat Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Ali Mulyono di Jakarta memberikan kesempatan kepada warga untuk mendapatkan kebutuhan pokok/sembako dengan harga terjangkau.

Kegiatan pasar murah ini rutin diadakan Pelindo setiap tahun di bulan Ramadhan yang biasanya harga sembako di pasaran mengalami kenaikan. "Kami memanfaatkan momentum Ramadhan ini untuk berbagi," ujarnya.

Pasar murah adalah bagian dari kegiatan Safari Ramadhan BUMN 2023 yang diselenggarakan Kementerian BUMN dan didukung oleh BUMN. Safari Ramadhan BUMN 2023 berlangsung di 27 titik di Jabodetabek dan 21 lokasi lainnya di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Baca juga: JTCC jadikan waktu tempuh dari Bekasi ke Jakarta Utara cuma 35 menit

Selain pasar murah, ada juga bazar Usaha Mikro Kecil (UMK) binaan BUMN yang menjual beragam barang kebutuhan, termasuk penganan atau takjil untuk berbuka puasa.

Dengan adanya kegiatan seperti pasar murah ini, Pelindo sekaligus mendukung sektor usaha kecil dan menengah melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

“Ini merupakan komitmen Pelindo dalam mendukung pencapaian 'Sustainable Development Goals' (SDGs) khususnya poin ke-8, yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh serta pekerjaan yang layak," katanya.

Semua program TJSL Pelindo mengacu pada tiga prioritas, yakni pengembangan kapasitas manusia melalui pendidikan, pemberdayaan ekonomi dengan pengembangan UMK serta keselarasan interaksi dengan lingkungan sekitar.

Baca juga: Pelindo perkenalkan industri kepelabuhanan kepada siswa SMA

Selain pasar murah, Pelindo juga membuka kesempatan pendaftaran mudik gratis bersama BUMN tahun 2023. Secara keseluruhan ada kuota mudik gratis pulang-pergi untuk 3.650 peserta yang dibagikan di Jakarta Utara, dari total 7.300 tiket ke berbagai kota tujuan di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Para peserta nantinya diberangkatkan menggunakan 73 unit bus dan dijemput kembali setelah lebaran.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo adalah BUMN di bidang jasa kepelabuhanan yang merupakan operator pelabuhan terbesar di Indonesia, Pelabuhan Tanjung Priok.

Pelindo mengusung visi menjadi pemimpin ekosistem maritim terintegrasi dan berkelas dunia, dan misi mewujudkan jaringan ekosistem maritim nasional melalui peningkatan konektivitas jaringan dan integrasi pelayanan guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Baca juga: 500 anak di Jakut ikuti khitanan massal dari program PT Pelindo

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023