Langkah itu adalah tekad dan komitmen kami untuk menjaga ketahanan pangan. Jadi kita akan berusaha untuk mencegah agar lahan pertanian di Purwakarta tidak beralih fungsi
Purwakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan mempertahankan areal pertanian dari ancaman alih fungsi lahan melalui Peraturan Daerah (Perda) Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

"Lahan pertanian harus dilindungi sebagai wujud komitmen dalam program ketahanan pangan," kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, di Purwakarta, Kamis.

Ia menyampaikan, salah satu langkah strategis dalam mempertahankan areal sawah ialah mencegah perubahan fungsi lahan pertanian produktif menjadi lahan non-pertanian seperti menjadi kawasan pembangunan perumahan atau properti lainnya.

Saat ini, Pemkab Purwakarta telah menetapkan 16.240 hektare lahan sawah tidak berubah fungsi.

"Langkah itu adalah tekad dan komitmen kami untuk menjaga ketahanan pangan. Jadi kita akan berusaha untuk mencegah agar lahan pertanian di Purwakarta tidak beralih fungsi," katanya.

Hal tersebut juga dikuatkan dengan adanya Perda LP2B yang telah disahkan beberapa waktu lalu melalui rapat paripurna DPRD setempat.

Menurut bupati, hadirnya Perda LP2B merupakan langkah penting dan strategis dalam membangun ketahanan pangan jangka panjang yang muaranya adalah terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini langkah strategis bagi pemerintah dan masyarakat agar dapat melindungi kawasan lahan pertanian pangan secara berkelanjutan, langkah ini sekaligus sebagai bentuk dukungan penuh kami terhadap program ketahanan pangan nasional," katanya.

Disebutkan kalau Perda LP2B akan menjadi dasar hukum dalam perencanaan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian alih fungsi lahan pertanian pangan, guna menjamin ketersediaan lahan pertanian pangan secara berkelanjutan.

"Kami ingin memastikan berbagai kebijakan pemerintah dalam menjamin ketersediaan pangan secara berkelanjutan, serta mewujudkan kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan di daerah," kata dia.

Baca juga: Kementan dukung Purwakarta tanam padi gogo di lahan eks tebangan

Baca juga: Lahan pertanian Purwakarta berkurang 75 hektare/tahun

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023