Saya melihat tentang kerja tim, tentang permainan tim, dan saya butuh pemain yang bermain dalam tim
Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas basket Indonesia Milos Pejic akan menyeleksi para pemain untuk skuad yang berkompetisi di SEA Games 2023 berdasarkan kemampuan bermain dalam satu tim (team play) yang baik.

"Anda tahu saya, saya selalu melihat tentang tim. Saya melihat tentang kerja tim, tentang permainan tim, dan saya butuh pemain yang bermain dalam tim," kata Milos Pejic usai latihan timnas basket putra di GBK Arena, Kamis malam.

Milos menegaskan bahwa para pemain yang nantinya dibawa ke ajang SEA Games 2023 di Kamboja bukanlah sekumpulan pemain yang memiliki statistik gemilang dalam pertandingan. Dia lebih memilih para pemain yang bisa berkontribusi pada permainan tim untuk membawa kemenangan Indonesia.

Pelatih asal Serbia tersebut mengemukakan akan memberi peran yang berbeda-beda pada setiap pemain di dalam pertandingan, dan para pemain harus bisa menjalankan peran tersebut.

Baca juga: Timnas absen di Piala Dunia FIBA, PB Perbasi fokus ke SEA Games 2023

"Saya memberikan peran pada semua orang. Terkadang peran yang diberikan pada pemain itu peran penting, peran yang besar, tapi semua orang harus melakukan perannya masing-masing," kata Milos.

"Sebanyak 15 orang dari pemain Timnas bukanlah sekelompok pemain terbaik berdasarkan statistik, tapi sekelompok pemain yang bisa menjalankan permainan tim," lanjutnya lagi.

Sebanyak 19 pemain sudah menjalani pemusatan latihan (TC) di GBK Arena Senayan Jakarta, untuk persiapan SEA Games 2023. Para pemain tersebut telah menjalani latihan sejak 23 Maret dan akan melanjutkan latihannya di Australia pada 4 hingga 24 April mendatang. Namun yang ikut berlatih di Australia hanya 15 dari total 19 pemain yang sudah menjalani TC.

Selain menjalani pemusatan latihan di Australia, ke-15 pemain tersebut juga akan mengetes hasil latihannya dengan bertanding sebanyak sembilan gim melawan tim-tim dari liga basket Australia atau NBL1.

Setelah 15 pemain tersebut menjalani seluruh latihan dan pertandingan uji coba itu, barulah Coach Milos menyeleksi lagi para pemain yang akan menjadi skuat Timnas Basket Putra untuk SEA Games 2023.

Baca juga: Timnas basket Indonesia lakukan latihan dan uji coba di Australia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023