Kami berharap akan ada keajaiban karena kondisi Derrick dan Bolden masih dalam kondisi pemulihan cedera
Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas basket Indonesia Milos Pejic memiliki cara untuk menggantikan Marques Bolden dan Derrick Michael Xzavierro yang masih absen untuk membela Indonesia di ajang SEA Games 2023 lantaran masih dalam proses pemulihan cedera.

Wakil Ketua Umum PP Perbasi George Dendeng mengatakan di Jakarta, Kamis, bahwa Bolden dan Derrick memiliki kesempatan yang kecil untuk bisa ikut berkompetisi di ajang SEA Games 2023.

"Kami berharap akan ada keajaiban karena kondisi Derrick dan Bolden masih dalam kondisi pemulihan cedera. Kita harapkan ada mukjizat di beberapa hari ke depan, atau menjelang SEA Games. Kita masih menunggu update," kata George.

Derrick dan Bolden merupakan pemain penting yang turut membawa Timnas Indonesia meraih medali emas pada SEA Games 2021 silam.

Dengan ketidakhadiran Bolden, Milos Pejic mengatakan bahwa seluruh tim masih bisa menggantikan peran pemain naturalisasi Indonesia yang pernah bermain di ajang pramusim NBA tahun 2022 bersama Milwaukee Bucks tersebut.

"Sebagai tim, kita bisa melakukan banyak hal untuk menutupi kekurangan dari ketidakhadiran Bolden," kata Milos.

Menurut Milos, untuk saat ini tidak ada satu pun pemain Indonesia yang bisa menggantikan peran Bolden dalam tim. Dia mengatakan kualitas pemain timnas yang ada saat ini belum bisa menyamai Bolden.

"Tidak ada pemain yang bisa menggantikan 100 persen Bolden. Tapi sebagai tim, kita bisa melakukan sesuatu untuk menggantikan dia. Seorang pemain pun tidak bisa menggantikannya, kita tidak memiliki kualitas itu untuk saat ini," kata Milos.

Kendati keikutsertaan Bolden dan Derrick yang masih jauh dari harapan, namun George menyampaikan bahwa pemain timnas akan diperkuat oleh Brandon Jawato yang saat ini sedang berkompetisi di Liga Basket Jepang. Brandon Jawato yang merupakan pemain basket berdarah Belanda-Indonesia ini sedang membela SeaHorses Mikawa yang berkompetisi di B.League Jepang.

"Terkait Brandon Jawato nanti akan bergabung setelah selesai dari kompetisi yang ada di sana," kata George.

Baca juga: Milos Pejic akan seleksi timnas basket berbasis "team play"
Baca juga: Timnas basket Indonesia lakukan latihan dan uji coba di Australia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023