Meulaboh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat terus mematangkan persiapan guna mengikuti Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke VII yang dijadwalkan berlangsung tanggal 19-27 Agustus 2023 di Taman Sulthanah Safiatuddin, Kota Banda Aceh.

“Saat ini kami terus mematangkan persiapan, baik dari segi infrastruktur anjungan, pameran maupun kesiapan para peserta yang akan mengikuti event PKA sehingga bisa memperoleh hasil yang maksimal,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Barat, Kartika Eka Sari dalam keterangannya diterima di Meulaboh, Kamis.

Baca juga: Kadisbudpar: Kemendikbudristek siap dukung Pekan Kebudayaan Aceh 2023

Menurutnya, pada gelaran PKA tahun ini, Kabupaten Aceh Barat akan menampilkan beragam kegiatan, seperti pawai budaya, pertunjukan dan pameran budaya, pagelaran budaya.

Kabupaten Aceh Barat juga akan menampilkan festival kuliner dan busana, festival adat budaya, permainan rakyat, kesenian eksibisi, seminar budaya serta aneka lomba lainnya.

Baca juga: Siswa SMN Papua hibur pengunjung anjungan Aceh

Pj Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi meminta seluruh panitia untuk segera menyusun perencanaan yang matang, terutama terkait dengan persiapan pameran dan peserta dalam mengikuti kegiatan pertunjukan serta perlombaan yang akan dilaksanakan di ajang Pekan Kebudayaan Aceh ke-VIII Tahun 2023 di Anjungan Aceh Barat.

“Tentunya dengan menonjolkan budaya yang menjadi ciri khas daerah, namun tetap sesuai dengan tema PKA tahun ini, yakni "rempahkan bumi, pulihkan dunia," katanya.

Baca juga: Menparekraf imbau Pekan Kebudayaan Aceh dipersering

Ia juga meminta kepada panitia agar harus cermat dalam menyeleksi berbagai jenis komoditas, seperti rempah-rempah maupun hasil produksi pertanian unggulan Aceh Barat lainnya untuk di pamerkan pada pameran ekonomi rempah, sekaligus rutin melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait untuk kelancaran berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.

Ia juga mengharapkan kepada panitia pelaksana untuk bisa bersinergi serta saling berkolaborasi antar bidang, dengan tetap berpedoman kepada petunjuk teknis yang dikeluarkan oleh penyelenggara, demi kelancaran kegiatan dan meraih hasil terbaik pada PKA tahun ini, demikian Mahdi.

Baca juga: Ribuan pelajar sambut Presiden di Aceh

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023