Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor satu dunia Carlos Alcaraz dan petenis nomor lima dunia Daniil Medvedev membukukan tempat mereka di semifinal Miami Open dengan kemenangan meyakinkan atas lawan mereka asal Amerika di Stadion Hard Rock, Miami, Florida, AS, Kamis waktu setempat atau Jumat WIB.

Alcaraz mengalahkan unggulan kesembilan Taylor Fritz 6-4, 6-2, sementara Medvedev mengakhiri laju impresif petenis kualifikasi Christopher Eubanks dengan kemenangan 6-3, 7-5 di perempat final mereka.

Alcaraz hanya membutuhkan 78 menit untuk menyingkirkan Fritz. Petenis Spanyol itu kembali mendominasi dengan servis kerasnya dan menyerang petenis Amerika itu sejak awal.

Alcaraz tampil kuat dengan mematahkan servis gim pertama Fritz, dan dia melakukan hal yang sama lagi di awal set kedua, memenangi gim.

Baca juga: Alcaraz tekuk Paul untuk bertemu Fritz di perempat final Miami Open

Petenis berusia 19 tahun itu kembali mematahkan servis Fritz untuk unggul 5-2 dan memastikan kemenangan tanpa kehilangan satu poin pun di gim terakhir.

Selanjutnya, Alcaraz akan melawan unggulan kesepuluh asal Italia Jannik Sinner untuk upaya menyabet gelar "Sunshine Double" menyusul kemenangannya atas Medvedev di Indian Wells.

Di pertandingan perempat final lainnya, petenis 26 tahun Eubanks menahan dua servis tampil percaya diri menghadapi Medvedev. Namun, jeda hujan setengah jam mengganggu momentum Eubanks, servis pertamanya dipatahkan setelah pertandingan kembali dimulai yang membuat Medvedev memimpin 4-3.

Medvedev justru tampil lebih baik setelah jeda. Dia berhasil merebut set pertama, tetapi Eubanks tidak menyerah begitu saja atas petenis Rusia itu.

Pada gim keenam set kedua, Medvedev memenangi reli di net untuk unggul 4-2 tetapi Eubanks kembali menunjukkan karakternya untuk bangkit. Namun, Medvedev memadamkan semangat Eubanks dan mengakhiri perlawanannya.

Petenis Amerika, yang akan naik dari peringkat 119 ke 85 di peringkat ATP, itu mengatakan Medvedev menunjukkan permainan di atas levelnya.

"Hal-hal kecil, peluang yang hilang, yang mungkin di beberapa turnamen yang pernah saya mainkan di masa lalu atau (melawan) beberapa lawan sepertinya bukan masalah besar," kata Eubanks, seperti disiarkan AFP, Jumat.

Baca juga: Medvedev awali Miami Open dengan kemenangan cepat

Medvedev kini telah memenangi 22 dari 23 pertandingan terakhirnya, merebut gelar di Rotterdam, Doha dan Dubai, dan mencapai final di Indian Wells, di mana dia kalah dari petenis nomor satu dunia Carlos Alcaraz.

"Saya tidak pernah memiliki awal musim yang bagus. Banyak pertandingan yang saya menangi, turnamen yang saya menangi. Saya sangat senang," ujar Medvedev.

"Saya kecewa di Indian Wells ketika pukulan saya berakhir tetapi satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah memulai pukulan baru dan saya senang saya bisa membawa performa saya ke Miami."

Medvedev, yang mencapai semifinal di Miami untuk pertama kalinya, akan menghadapi sesama petenis Rusia Karen Khachanov untuk memperebutkan satu tempat di final setelah unggulan ke-14 itu mengalahkan petenis Argentina Francisco Cerundolo 6-3, 6-2.

Baca juga: Tsitsipas mulai penampilannya di Miami Open dengan kemenangan

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023