Jakarta (ANTARA) - Liga sepak bola Spanyol LaLiga meluncurkan Video Review System (VRS) -- layanan atau sistem teknologi yang akan membantu tim teknis di bangku cadangan untuk bertindak lebih efektif jika terjadi cedera, sekaligus diharapkan membantu tim menghindari risiko cedera pemain.

"Di LaLiga kami bertekad untuk melakukan yang terbaik untuk menyediakan alat bagi para pelaku profesional di setiap klub untuk membantu mereka melakukan tugasnya," kata Direktur Kompetisi di LaLiga Luis Gil dalam keterangan tertulis yang diterima pada Jumat.

"Melalui penggunaan alat ini, semua klub dan SAD yang terafiliasi dengan LaLiga akan membantu meningkatkan level dan kualitas kompetisi kami. Dan terutama dalam segala hal yang berkaitan dengan performa tim dan khususnya kesehatan para pemainnya," imbuhnya.

Melalui perangkat Surface Pro dengan dilengkapi dengan teknologi Microsoft yang diberikan LaLiga ke semua klub, tim teknis mereka akan dapat meninjau tindakan dengan sangat detail dari berbagai sudut kamera di area teknis bench tim kandang maupun tandang di setiap pertandingan.

VRS menyediakan video langsung dari yang digunakan untuk penyiaran (gambar produksi TV, kamera master, kamera close-up dan taktis), melalui perangkat layar sentuh Microsoft Surface Pro.
Inisiasi "Beyond Stats" dari LaLiga dan Microsoft yang menhadirkan layanan teknologi VRS pada pertandingan di LaLiga Matchday 27 dan 34. (ANTARA/HO/LaLiga)

Perangkat ini juga memungkinkan memutar ulang sebuah momen untuk meninjau gerakan dengan segera, memperbesar, memutar ulang untuk analisis tindakan, multi-layar untuk melihat hingga empat sudut berbeda secara bersamaan, dan kontrol pemutaran lainnya.

Sistem baru ini memiliki dua fungsi utama. Pertama adalah melindungi kesehatan pemain dan mencegah cedera. Diharapkan, sistem memungkinkan diagnosis dan intervensi yang lebih baik, dan menawarkan alat bagi staf medis untuk melakukan tindakan jika terjadi cedera, dengan akses real time untuk meninjau semua gambar dan sudut yang tersedia.

Lebih lanjut, analisis teknis dan taktis yang digunakan oleh staf pelatih. Gambar langsung dari TV memungkinkan peninjauan gerakan dan posisi dari beberapa kamera yang berbeda, membuatnya mudah untuk melengkapi fungsi ini dengan data kinerja Mediacoach dan dari kamera taktis.

"VRS adalah langkah lebih lanjut untuk mengurangi risiko ini (cedera pemain) lebih jauh dan memberikan lompatan kualitas untuk layanan medis dan staf teknis, seperti pelatih dan pelatih fisik, dalam pekerjaan mereka," kata Direktur Divisi Mediacoach di LaLiga Ricardo Resta.

Adapun sistem yang diinisiasi LaLiga, Mediacoach, serta Microsoft ini akan tersedia pada Matchday 27 LaLiga Santander dan Matchday 34 di LaLiga SmartBank.

Baca juga: Lewandowski diragukan tampil di Copa del Rey karena cedera
Baca juga: Alaba dan Rodrygo yang cedera absen bela Los Blancos pada derbi Madrid

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023