Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sumatera Utara dan The Moller Institute, University of Cambridge telah melaksanakan Program Digital Leadership Academy (DLA) Smart Digital Leader - Sumut Bermartabat.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkominfo Hary Budiarto, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pemimpin digital pejabat pimpinan tinggi organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota di Sumatera Utara.

“Kunci penting dalam transformasi digital bukan hanya pemanfaatan teknologi informasi secara intensif dan masif, namun yang terpenting adalah kesiapan SDM di semua lini," ujar Hary saat menutup Pelatihan Smart Digital Leader di Kantor BPSDM Provinsi Sumatera Utara, Kamis (30/3).

Dia mengatakan pelatihan tersebut menargetkan peningkatan kapasitas peserta, yang merupakan pimpinan di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD), dalam menginisiasi dan mendorong perubahan menuju akselerasi transformasi digital sebagai program prioritas pemerintah.

Baca juga: Kepemimpinan digital dinilai penting menjawab tantangan digitalisasi

Pelatihan dengan tema "Digital Trust and Cybersecurity–The Essential Foundation for Transformation" itu diharapkan dapat meningkatkan penguasaan pengetahuan keamanan siber, kepercayaan digital, satu data, dan pemerintahan berbasis elektronik.

Hary menjelaskan selama satu bulan pelatihan, peserta berhasil merumuskan 14 rencana aksi yang terangkum dalam lima area atau sektor yang menjadi tantangan dalam implementasi digitalisasi di tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

“Langkah selanjutnya dari rencana aksi adalah implementasi. Kami dari Balitbang SDM akan memonitor progresnya karena target pengembangan kompetensi SDM digital ini bukan hanya terlaksana, melainkan juga dampak yang dihasilkan kepada kinerja dan pelayanan publik,” kata dia.

Menurut Plt. Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Balitbang SDM Kemenkominfo Baso Saleh rencana aksi hasil rumusan peserta antara lain delapan rencana aksi Digitalisasi Layanan Pemerintahan/SPBE, dua rencana aksi Pariwisata Digital, dua rencana aksi Pengembangan SDM, satu rencana aksi Ekonomi Digital dan satu rencana aksi Pengelolaan Data.

Program Pemimpin Digital Cerdas Provinsi Sumut tersebut berfokus pada teori, kebijakan, dan praktik mengenai keamanan siber dan kepercayaan digital.

"Didukung muatan teknis substansi terkait dengan satu data dan sistem pemerintahan berbasis elektronik di Indonesia guna menambah wawasan isu yang terjadi di Indonesia,” kata Saleh.

Baca juga: Kemenkominfo beri pelatihan digital kepada pemimpin pemerintahan Sumut

Program DLA merupakan pelatihan digital untuk level pimpinan di sektor publik kementerian, lembaga, pemerintah daerah, perguruan tinggi dan sektor privat.

Lewat Program DLA, Kementerian Kominfo berupaya meningkatkan kapasitas pemimpin lembaga publik dan swasta dalam menginisiasi dan mendorong perubahan untuk mendukung akselerasi transformasi digital di Indonesia.

Tahun ini, Program DLA difokuskan dalam tiga skema pelatihan yaitu Smart Digital Leader Indonesia Maju, Smart Digital Leader Semakin Digital dan Smart Digital Leader Province.

Dalam penyusunan materi dan pelaksanaan pelatihan, Kemenkominfo melibatkan perguruan tinggi terbaik dunia, perusahaan teknologi global, dan lembaga internasional.

Baca juga: KPK harap alumni DLA 2022 terapkan transformasi digital cegah korupsi

Baca juga: DLA Kemenkominfo 2022 pacu transformasi digital sektor privat & publik

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023