Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika mempersiapkan infrastruktur digital untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Keketuaan ASEAN 2023.

Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Kemenkominfo Ismail menyatakan terus melakukan pemantauan jaringan telekomunikasi agar tetap berkualitas.

“Salah satu tugas Kementerian Kominfo untuk menyediakan jaringan telekomunikasi dan akses internet agar keketuaan ASEAN 2023 berjalan lancar,” kata dia dalam rilis pers, Jumat.

Secara khusus, Ismail menyatakan untuk penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023, Kemenkominfo juga telah menyiapkan jaringan infrastruktur yang memadai.

“Untuk KTT ASEAN 2023 yang akan diselenggarakan pada Bulan Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kominfo telah memastikan kesiapan infrastruktur jaringan telekomunikasi di wilayah tersebut," kata dia.

Baca juga: Kepemimpinan digital dinilai penting menjawab tantangan digitalisasi

Terdapat jaringan fiber optic (FO) sepanjang 3.773,73 km dengan sebaran optical distribution point (ODP) sebanyak 2.055 titik. Selain itu, tersedia 1.635 base transceiver station (BTS) 4G dan 3 BTS 5G.

Mengenai kualitas layanan jaringan, Ismail mengatakan di Labuan Bajo yang pernah digelar ajang G20, sudah terlayani jaringan telekomunikasi 4G dan 5G. Bahkan telah ada operator fixed broadband.

“Sudah 78,12 persen wilayah Labuan Bajo telah ter-cover sinyal 4G. Bahkan di area pemukiman sudah ter-cover sekitar 94,51 persen dan di beberapa titik terdapat cakupan sinyal 5G,” ucapnya.

Kemenkominfo juga terus memantau kualitas jaringan telekomunikasi seluler. Bahkan penyelenggara layanan telekomunikasi sudah melakukan langkah-langkah antisipasi untuk melakukan upgrade jaringannya dengan penyediaan BTS Combat.

“Melalui Pusat Monitoring Telekomunikasi, kami memantau. Dan untuk kebutuhan KTT ASEAN 2023, penyelenggara telekomunikasi khususnya Telkom Group tengah melakukan berbagai persiapan," ujar Ismail.

Persiapan yang dimaksud di antaranya menyediakan BTS Combat dan melakukan peningkatan pada beberapa BTS eksisting di Golomori dan Labuan Bajo, yang saat ini masih berjalan dengan progres sebesar 44,7 persen serta ditargetkan akan selesai pada minggu kedua April 2023.

Baca juga: Kemenkominfo gandeng universitas asing cetak pemimpin digital di Sumut

Baca juga: Malam ini siaran tv analog wilayah Bali dan Palembang akan dihentikan

Baca juga: Kemenkominfo beri literasi digital ASN Kemendibudristek

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023