Padang (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno berharap Sumatera Barat (Sumbar) bisa menjadi contoh pengembangan desa-desa wisata bagi daerah lainnya di Tanah Air.

"Harapannya, Sumatera Barat kan selalu leading, desa wisata akan terus menjadi contoh atau panutan bagi pengembangan desa pariwisata ke depannya," kata Sandiaga di Padang, Jumat.

Menparekraf mengatakan kedatangannya ke Sumbar dalam rangka mengunjungi beberapa desa wisata yang masuk dalam 75 desa terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023.

Khusus di Sumbar, ada lima desa terbaik yang ditetapkan Kemenparekraf tersebut yakni Desa Wisata Nyarai yang berada di Kecamatan Luluk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Berikutnya Desa Wisata Kubu Gadang di Kota Padang Panjang, serta Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung di Kabupaten Sijunjung.

"Untuk pembuka, saya sengaja memilih Sumbar karena komitmen pengembangan desa wisatanya," ujar dia.

Sambil mengenakan deta (penutup kepala dari suku Minangkabau), Sandi mengatakan Desa Kubu Gadang yang terletak di Kota Padang Panjang sebenarnya sudah lama dikenal luas. Namun, baru pada tahun 2023 berhasil masuk ADWI karena berhasil mengurus kelembagaan desa wisata.

Menurutnya, keberhasilan Desa Kubu Gadang masuk ke dalam 75 desa terbaik tersebut tidak lepas dari peran serta kepala dinas pariwisata hingga pemerintah daerah setempat.

"Mari kita dorong kebangkitan desa wisata ini agar semakin meningkatkan pariwisata Indonesia," ajak dia.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023