Jakarta (ANTARA) - Tiga jenama fesyen Indonesia yakni ZM Zaskia Mecca, Fatih Indonesia dan RiaMiranda menghadirkan koleksi busana baru mereka untuk Lebaran tahun ini dengan ciri khas masing-masing melalui kampanye "Ramadhan in Style" 2023.

Label ZM Zaskia Mecca mengusung koleksi bernuansa khatulistiwa yang menonjolkan motif bunga melati dalam setiap busana muslim yang mereka keluarkan untuk musim Lebaran tahun ini.

"Bunga ini identik dengan kesucian dan ini sama seperti spirit bulan Ramadhan untuk mencapai fitrah, kesucian," ujar CEO dan pendiri ZM Zaskia Mecca Muhammad Haykal Kamil dalam "Media Briefing Tokopedia Hadirkan Ramadan in Style 2023 untuk #LengkapiRamadan Masyarakat" di Jakarta, Jumat.

Meski didominasi motif bunga, menurut Haykal, busana yang dihadirkan tetap tampak elegan. Apalagi ini berpadu dengan warna-warna earth tone seperti cokelat, abu-abu, biru dan chamomile.

"Bahannya lebih jatuh dibandingkan koleksi kami yang lain, tetapi, tetap nyaman karena bisa menyerap keringat sehingga buat beraktivitas juga tetap nyaman," tutur dia.
Koleksi busana dari jenama ZM Zaskia Mecca untuk Ramadan in Style 2023 yang dipamerkan di Jakarta, Jumat (31/3/2023). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Di sisi lain, Fatih Indonesia yang identik dengan baju koko atau busana muslim pria dengan aksen motif batik Garut dan Tasikmalaya masih menghadirkan koleksi serupa, bekerja sama dengan perajin di sana.

Berbeda dari koleksi sebelumnya, mereka menambahkan warna baru ke dalam koleksi yang tahun ini mengusung tema "Harmonia" atau diartikan sebagai keselarasan, kolaborasi, kerja sama. Bila biasanya baju koko yang dihadirkan didominasi warna favorit pria, yakni hitam dan navy, kali ini ada warna-warna pastel seperti lilac.

"Karena permintaan dari ibu-ibunya. Biar kembaran tapi enggak mau kembaran banget. Yang penting tone warnanya sama. Makanya melalui koleksi kali ini Fatih lebih harmoni, selaras untuk menjalin makna kebersamaan," kata pemilik usaha Fatih Indonesia Fahmi Hendrawan.

Fahmi mengatakan, melalui Harmonia diharapkan kesadaran masyarakat tentang industri fesyen muslim Indonesia dapat meningkat.
Koleksi busana dari jenama Fatih Indonesia untuk Ramadan in Style 2023 yang dipamerkan di Jakarta, Jumat (31/3/2023). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Sementara itu, label busana muslim RiaMiranda mengusung tema "SANGSATA" pada koleksinya. Tema itu terinspirasi dari kata Sangsata yakni benang emas yang dulu dipakai perajin songket di Ranah Minang.

Melalui tema itu, perancang Ria Miranda mengombinasikan songket minang dan keindahan alam Sumatera Barat.

"Gambaran kombinasi tumbuh-tumbuhan, perpaduan warnanya pun itu diambil dari songket," ujar Chief Commercial Officer RiaMiranda Yaya Wulandari.

Tak melulu busana wanita, RiaMiranda juga mengeluarkan koleksi sarimbit agar penampilan ibu bisa tampak seragam dengan ayah dan anak-anak.

"Variasi cukup banyak. Dari segi warna cukup variatif karena ada keluarga yang mau warnanya lebih terang, tetapi, ada juga yang lebih pastel atau earth tone atau bold," kata Yaya.
Koleksi busana dari jenama RiaMiranda untuk Ramadan in Style 2023 yang dipamerkan di Jakarta, Jumat (31/3/2023). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)
Koleksi busana dari jenama RiaMiranda untuk Ramadan in Style 2023 yang dipamerkan di Jakarta, Jumat (31/3/2023). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Dalam kesempatan itu Category Development Senior Lead Tokopedia Aldhy Darmayo mengatakan koleksi busana yang dihadirkan tiga jenama itu hadir secara eksklusif pada kampanye "Ramadan in Style" di Tokopedia . Kampanye itu digelar setiap tahun sebagai salah satu upaya perusahaan dalam memberikan panggung bagi para pegiat usaha lokal khususnya fesyen.

"Kampanye akan berlangsung hingga 18 April 2023. Pastinya ada banyak penawaran. Koleksi baru dari ZM, RiaMiranda, Fatih pastinya eksklusif di Tokopedia " tutur Aldhy yang mengungkapkan pada Ramadhan 2022, fesyen muslim termasuk produk yang diburu masyarakat.

Pesanan produk fesyen di platform tersebut meningkat sebanyak 77 persen dibanding tahun 2021.

Baca juga: Intip koleksi busana Lebaran 2023 a la Ria Miranda

Baca juga: Tips tampil kompak dengan anak di momen Ramadhan

Baca juga: Kami. beri bocoran koleksi Ramadhan dan lebaran 2023

Baca juga: Tips jualan online hampers Ramadhan ramah lingkungan

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023