Ketika melakukan patroli gabungan, petugas mendapatkan informasi dari warga yang menyampaikan bahwa ada seseorang yang membawa satwa langka dari blok Bandealit kawasan TNMB,"
Jember (ANTARA News) - Petugas Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) mengamankan satwa langka seekor burung julang emas (Aceros undulatus) dari tangan seorang pemburu satwa liar yang ditangkap di Jalan Desa Curahnongko, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Ketika melakukan patroli gabungan, petugas mendapatkan informasi dari warga yang menyampaikan bahwa ada seseorang yang membawa satwa langka dari blok Bandealit kawasan TNMB," kata Koordinator Polisi Hutan TNMB Musafa di Jember, Senin.

Petugas kemudian melakukan penghadangan dan menangkap Sunarto warga Desa Karanganyar, Kecamatan Ambulu, yang kedapatan membawa sejumlah satwa liar dari kawasan hutan TNMB.

"Barang bukti yang diamankan dari tangan tersangka yakni seekor burung jenis Julang Emas, seekor ayam hutan (Gallus gallus) dan 1 kilogram daging kijang," tuturnya.

Musafa menjelaskan tersangka Sunarto akan dijerat dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, kemudian pihak TNMB menyerahkan kasus tersebut ke Polres Jember.

"Dalam UU Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, warga yang memelihara atau memperjualbelikan hewan langka yang dilindungi bisa terancam hukuman pidana lima tahun penjara dan denda Rp100 juta," paparnya.

Sementara tersangka Sunarto mengaku membeli burung julang emas itu dari seseorang di Kebun Bandealit dengan harga Rp80 ribu.

"Saya masuk kawasan TNMB untuk mencari pakis, kemudian ada orang yang menawarkan burung dan saya beli burung itu karena bagus," kilahnya.

Ia mengaku tidak tahu kalau burung julang emas merupakan hewan langka yang dilindungi dan berencana menjualnya, apabila ada orang lain yang berminat dengan harga yang cukup tinggi.

Berdasarkan data IUCN (International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources) menyebutkan bahwa burung Julang Emas atau Rangkong tersebut terancam punah dan salah satu jenis julang emas yang banyak ditemukan di Indonesia adalah Rangkong Papan (Buceros bicornis).

(ANT-070/M026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012