Makassar (ANTARA) - Sebanyak sembilan fraksi di DPRD Provinsi Sulawesi Selatan memaparkan sejumlah temuan dan aspirasi masyarakat saat pelaksanaan reses masa sidang II tahun 2022-2023 dalam rapat paripurna di kantor DPRD setempat.

"Dapat kami sampaikan dari sisi infrastruktur diperlukan perhatian pemerintah atas pemeliharaan dan peningkatan jalan provinsi karena merupakan kewenangan dan tanggung jawab bersifat wajib," papar Juru Bicara Fraksi Golkar, Andi Debbie Purnama Rusdin di kantor DPRD Sulsel, Makassar, Jumat.

Selain itu, perlu membatasi bantuan keuangan ke kabupaten kota yang bersifat tidak wajib terkait dengan infrastruktur sektor lainnya. Untuk wilayah pedesaan, diharapkan pembangunan dan perbaikan saluran irigasi, bendungan dan pembangunan tanggul, talud juga dapat menjadi perhatian.

Sedangkan dari sisi sektor pendidikan, jumlah dan kualifikasi guru perlu ditingkatkan terutama di tingkat SMA, SMK sederajat yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Sulsel yang bersifat wajib.

Begitu pula bantuan kebutuhan bibit dan pupuk tanaman pertanian dapat ditingkatkan jelang masa tanam agar para petani tidak kesulitan disebabkan adanya kelangkaan pupuk.

"Diharapkan pula gubernur melaksanakan program peningkatan kesehatan bagi masyarakat untuk membantu masyarakat peserta BPJS yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan. Serta menghadirkan Rumah Sakit Regional di Kabupaten Tana Toraja untuk menjadi rumah sakit rujukan," tuturnya.

Di sektor pariwisata, diperlukan pembangunan pengembangan serta promosi pariwisata agar mendapatkan alokasi dana memadai bagi kabupaten terutama yang menjadi tujuan wisata. Mengenai bantuan keuangan kepada Pemda diharapkan tidak berulang pada kabupaten tertentu saja.

Hal senada disampaikan Juru Bicara Fraksi Demokrat Andi Azizah Irma Wahyudi selain pembenahan infrastruktur, evaluasi dan perbaikan pelayanan di BPJS, kantor Dukcapil dan Dinas Sosial perlu dilakukan karena dinilai pelayanan lambat. Begitu pun pengadaan air bersih, sumur bor, lampu jalan, sarana olahraga, pengadaan CCTV dan bak sampah perlu diperhatikan.

"Masyarakat juga mengharapkan pembangunan dan atau perbaikan infrastruktur pertanian. Petani berharap pemerintah memberikan bantuan bibit jagung, padi, kakao, pala, cengkeh,
pupuk, pupuk organik, bantuan sumur bor, alsintan seperti hand tractor, teknologi TPS3R dan mesin penggiling," ujarnya.

Sejumlah fraksi lainnya seperti Fraksi PKS, PPP, PAN, NasDem, PDI-P, PKB dan Gerindra menyampaikan pandangan yang sama berkaitan soal perbaikan infrastruktur, pendidikan, pertanian dan bantuan keuangan termasuk pelayanan kesehatan dan masalah sosial lainnya agar menjadi perhatian serius Pemprov Sulsel.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023