Jakarta (ANTARA) - Pada tahun 2023, masyarakat cenderung melakukan perawatan yang bisa menghasilkan kulit wajah sehat serta fokus pada permasalahan kulit masing-masing, menurut Wakil Direktur Medis dan Pelatihan ZAP dr. Dara Ayuningtyas.

“Kalau kita ngomongin tren saat ini, standarnya juga memang kulit sehat. Jadi, sekarang pasien sudah banyak yang sadar akan kesehatan kulit. Bukan lagi kulitnya harus glowing (bercahaya) dan lain-lain,” ungkap Dara saat konferensi pers di Jakarta, Jumat malam.

Dokter saat ini juga lebih menganjurkan untuk mementingkan kesehatan kulit. Sebab dengan kulit yang sehat, maka wajah pun secara otomatis akan terlihat glowing dan cantik.

Dara menjelaskan kulit yang sehat memiliki pori-pori kecil, tidak ada warna kemerahan di wajah baik karena inflamasi atau karena faktor obat yang digunakan dan tidak ada flek kehitaman pada wajah juga.

"Jadi, otomatis, kulit yang sehat pada wajah akan menciptakan glass skin. Tujuannya adalah kulit sehat, pasti semuanya akan tercapai,” kata Dara.

Baca juga: Pakar estetika bagikan kiat jaga kesehatan kulit selama puasa

Untuk menjaga kulit agar tetap sehat, Dara menganjurkan untuk merawatnya dari luar maupun dari dalam. Misalnya, perawatan kulit dari dalam bisa dengan cara alami seperti memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

“Dari dalam, itu pasti minumnya harus 8 gelas per hari ya minimal. Apalagi bulan puasa yang kita seharian itu nggak akan ada asupan minuman. Jadi, itu paling penting. Terus makanan itu harus yang tinggi serat, serta konsumsi buah-buahan yang antioksidannya tinggi,” kata Dara menjelaskan.

Perawatan kulit dari luar bisa dilakukan dengan mengaplikasikan produk perawatan dan, yang tidak kalah penting, menggunakan tabir surya, meskipun berkegiatan di dalam rumah. Salah satu hal yang menyebabkan perlunya tabir surya saat berkegiatan di rumah adalah lampu LED yang terkadang mengandung sinar UV A dan UV B.

“Jadi, walau di rumah, tetap harus pakai (tabir surya). Setelah itu tambahkan moisturizer (pelembap). Lalu membersihkan wajah juga penting,” Dara menambahkan.

Jika dirasa masih membutuhkan perawatan lainnya, masyarakat bisa menambahkan produk perawatan lainnya seperti serum dengan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing. Selain itu, masyarakat pun juga bisa melakukan perawatan di klinik-klinik kecantikan untuk hasil kulit sehat yang lebih maksimal.

Baca juga: Pergantian sel kulit dan dampaknya terhadap penuaan

Baca juga: Dokter: Tetap gunakan tabir surya meski liburan di iklim dingin

Baca juga: Rahasia kulit sehat dengan tampilan "glass skin"


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023