Jakarta (ANTARA) - Persikabo 1973 mencatatkan kemenangan atas Barito Putera dengan skor 3-1 pada laga pekan ke-32 Liga 1 Indonesia di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat.

Pada pertandingan tersebut, Persikabo 1973 mengamankan kemenangan berkat gol yang dicetak Andy Setyo, Ryan Kurnia, dan Pedro Henrique, sedangkan Barito Putera sempat membalas melalui Gustavo Tocantins, demikian catatan Liga Indonesia.

Kemenangan itu sekaligus mengantarkan Persikabo 1973 menempati posisi ke-13 klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan torehan 38 poin dari 32 pertandingan, sedangkan Barito Putera masih tertahan di peringkat ke-15 dengan 34 poin.

Pada babak pertama, Persikabo 1973 mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat mengancam melalui tendangan Pedro Henrique namun upaya pemain Timor Leste tersebut masih menyamping dari gawang Barito Putera.

Persikabo mampu membobol gawang Barito Putera pada menit ke-11 ketika tendangan keras Andy Setyo dari luar kotak penalti membobol gawang Joko Ribowo sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Skuad asuhan Aidil Sharin Shahak terus berupaya mencari gol tambahan yang kemudian lahir pada menit ke-24 ketika Ryan Kurnia membobol gawang Barito Putera usai memanfaatkan umpan Dimas Drajad sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Baca juga: Tiga gol Alex Martins turut antar Bhayangkara FC kalahkan Rans 5-1

Barito Putera langsung merespon dan mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 pada menit ke-27 setelah Gustavo Tocantins membobol gawang Syahrul Trisna usai memanfaatkan kesalahan lini pertahanan Persikabo. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Persikabo tetap mengambil inisiatif menyerang dan sempat mengancam melalui tendangan Ryan Kurnia yang masih mendarat di dekapan Joko Ribowo.

Laskar Pajajaran mampu menambah keunggulan menjadi 3-1 melalui gol Pedro Henrique setelah memanfaatkan umpan Lucky Oktavianto pada menit ke-54.

Pada menit ke-56 Barito Putera harus bermain dengan 10 orang setelah penyerang Eksel Timothy diusir wasit karena mendapatkan kartu kuning kedua.

Skuad asuhan Rahmad Darmawan berusaha bangkit dan sempat mengancam melalui tendangan Aditya Putra Dewa namun masih melambung di atas mistar gawang Persikabo.

Barito Putera terus menekan lini pertahanan Persikabo pada sisa waktu babak kedua, namun hingga peluit panjang berbunyi skor 3-1 untuk kemenangan tim tuan rumah tetap bertahan.

Selanjutnya Persikabo 1973 akan bertandang ke markas Persik Kediri pada pekan ke-33 Liga 1 Indonesia, 7 April, sedangkan Barito Putera akan menghadapi Bhayangkara FC, dua hari sebelumnya.

Baca juga: Persik catat delapan kemenangan beruntun usai tekuk Dewa United 3-1
Baca juga: Persija Jakarta amankan kemenangan 2-0 atas Persib Bandung

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023