Jakarta (ANTARA) - Pebalap Aston Martin Fernando Alonso memuncaki catatan waktu pada sesi latihan kedua Grand Prix Australia yang berlangsung cukup menantang karena hujan mengguyur trek di Sirkuit Albert Park, Jumat.

Dikutip dari statistik resmi Formula 1, Alonso memiliki catatan waktu terbaik yakni 1 menit 18,887 detik. Ia berada di depan pebalap Ferrari Charles Leclerc yang akhirnya bisa menemukan momentum di Australia dengan selisih waktu 0,445 detik dari sang pebalap veteran.

Alonso yang naik ke podium dalam dua Grand Prix berturut-turut musim ini mengaku merasa percaya diri dengan kendaraan dan timnya untuk menjalani putaran ketiga di Negeri Kanguru.

Meski demikian, ia tidak ingin lengah dengan pencapaian positifnya hingga hari ini, terlebih cuaca juga menjadi tantangan tersendiri di balapan akhir pekan nanti.

"Jelas kami terkena dampak hujan, jadi, masih ada pekerjaan yang harus kami lakukan besok. Kami perlu belajar lebih banyak tentang ban dan kecepatan mobil dalam jangka panjang karena kami tidak memiliki banyak waktu untuk itu hari ini. Tapi, sejauh ini mobil tampaknya berpacu dengan baik," kata Alonso, dikutip dari AFP.

Baca juga: Aston Martin sempat pertimbangkan ajak Vettel kembali gantikan Stroll

Sementara itu, Leclerc pemenang GP Australia tahun lalu akhirnya bisa menemukan titik balik setelah berkutat dengan masalah reliabilitas dan kecepatan.

Juara bertahan Max Verstappen dari Red Bull berada di posisi ketiga dengan catatan waktu terbaik 1 menit 19,502 detik. Pada sesi latihan pertama, ia membukukan waktu tercepat 1 menit 18,790 detik.

Menurut Verstappen, trek basah merupakan tantangan yang harus dihadapi dengan baik sehingga persiapan kendaraan pun harus lebih matang dan mumpuni.

"Kami akan melihat data malam ini dan melihat apa yang harus kami lakukan besok. Kondisinya harus lebih jelas untuk sisa akhir pekan, jadi kami bisa fokus pada hal itu," ujar pebalap Belanda tersebut.

Adapun posisi keempat hingga sepuluh di sesi latihan kedua GP Australia diduduki oleh George Russell (Mercedes), Carlos Sainz (Ferrari), Esteban Ocon (Alpine), Sergio Perez (Red Bull), Lando Norris (McLaren), Nico Hulkenberg (Haas), dan Pierre Gasly (Alpine).

Baca juga: Jelang GP Australia, Hamilton keluhkan posisi kokpit Mercedes
Baca juga: Verstappen tercepat di sesi latihan GP Australia, Hamilton kedua

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023