Dampak dari peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan sejumlah dampak lainnya
Balikpapan (ANTARA) - Semua daerah pada10 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Sabtu-Minggu (1-2 April), sehingga masyarakat diminta waspada terhadap kemungkinan dampak yang ditimbulkan.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor, dan sejumlah dampak lainnya," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan, Heni Herlina di Balikpapan, Jumat.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada pihak terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampak ke masyarakat.

Adapun 10 kabupaten/kota tersebut antara lain di Kota Balikpapan pada Sabtu sekitar pukul 23.00 WITA hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di Kecamatan Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Utara. Sementara pada Minggu dini hari hampir semua kecamatan berpotensi hujan lebat, kecuali Kecamatan Balikpapan Kota yang hujan ringan.

Di Kota Samarinda pada Sabtu sekitar pukul 23.00 WITA dan Minggu sekitar pukul 02.00 WITA, hujan lebat dan hujan sedang berpotensi terjadi di semua kecamatan.

Baca juga: Semua daerah di Kaltim diprakirakan hujan petir Senin-Selasa

Kabupaten Mahakam Ulu pada Sabtu pukul 14.00, 17.00, 23.00 WITA, diprakirakan hujan petir terjadi di Kecamatan Laham dan pada pukul 20.00 WITAhujan petir berpotensi terjadi di semua kecamatan.

Di Kabupaten Paser pada Minggu dini hari, hujan lebat dan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Long Kali dan Tanjung Harapan, sedangkan kecamatan lainnya diprakirakan hujan ringan ke sedang.

Kabupaten Penajam Paser Utara pada Sabtu pukul 23.00 WITA, hujan lebat diprakirakan terjadi di Kecamatan Sepaku, sedangkan pada Minggu dini hari, hujan lebat hingga hujan petir diprakirakan terjadi di semua kecamatan.

Kabupaten Kutai Timur pada Sabtu pukul 14.00 WITA, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Bengalon dan Rantau Pulung, pukul 17.00 WITA di Kecamatan Kongbeng dan Sangkulirang, pukul 20.00 WITA hingga Minggu dini hari berpotensi terjadi di semua kecamatan.

"Kabupaten Kutai Kartanegara pada Sabtu pukul 17.00 WITA, hujan petir di Kecamatan Tenggarong Seberang, pukul 20.00 WITA di Tabang, Kembang Janggut, Tenggarong Seberang, pukul 23.00 WITA hingga Minggu dini hari berpotensi terjadi di hampir semua kecamatan, kecuali Tenggarong Seberang," kata Heni.

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang tinggi hingga 4 meter pada 1-2 April
Baca juga: BMKG: Waspada hujan petir di Kintamani-Besakih pada 1-2 April

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023