Kekompakan Kubu Gadang ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kearifan lokal, yaitu gotong royong
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan masyarakat desa wisata Kubu Gadang, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat memiliki kekompakan dalam berinovasi memodifikasi kearifan lokal yang dibalut edukasi.
 
"Masyarakat desa ini yang berhasil memodifikasi kearifan lokal tradisi Minangkabau menjadi paket-paket wisata berupa kesenian, kuliner, hingga permainan dan kesenian tradisional seperti randai, silek lanyah, dan tari-tarian tradisional yang berbalut edukasi," ujar Sandiaga dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu.
 
Sandiaga juga menilai, kekompakan Kubu Gadang ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kearifan lokal, yaitu gotong royong. Selain itu atraksi yang ditawarkan juga menarik dan beda dari yang lain.

Baca juga: Sandiaga minta masyarakat desa wisata Nyarai Sumbar jaga lingkungan
 
Ia menambahkan, melalui terobosan ini, desa wisata Kubu Gadang bisa berperan aktif dalam upaya pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat Padang Panjang dan sekitarnya.
 
"Mudah-mudahan dari Desa Kubu Gadang dan desa wisata lainnya bisa lahir suatu terobosan untuk penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024," katanya.
 
Sementara itu, Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kemenparekraf dan dewan juri ADWI 2023 telah memilih Kubu Gadang sebagai salah satu 75 desa terpilih.
 
"Saya mengikuti sekali perjuangan dari para pengurus desa ini dan semangatnya luar biasa," kata Fadly.

Diberitakan sebelumnya, Menparekraf siap memulai visitasi atau kunjungan 75 besar desa wisata yang telah lolos proses kurasi dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, pada Maret 2023.

Kegiatan visitasi itu juga menjadi ajang promosi bagi 75 besar desa wisata ADWI untuk meningkatkan jumlah kunjungan sekaligus meningkatkan omzet penjualan produk ekonomi kreatif lokal mereka.

Pada 2023 ini, lanjut Sandiaga, Kemenparekraf melanjutkan program ADWI 2023 melalui kolaborasi dengan sejumlah mitra strategis untuk mendorong pengembangan potensi desa wisata, yang diharapkan menjadi semangat baru dan komitmen dari masyarakat desa yang terus ingin mengembangkan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan.

Baca juga: Sandiaga harap Sumbar bisa jadi contoh pengembangan desa wisata

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023