Roma, Italia (ANTARA) - Paus Fransiskus kembali ke Vatikan pada Sabtu waktu setempat setelah mendapatkan perawatan untuk penyakit bronkitis di rumah sakit, dan berkata "saya tidak takut, saya masih hidup," perihal kondisi kesehatannya.

Paus yang berusia 86 tahun itu dibawa ke rumah sakit Gemelli di Roma pada Rabu waktu setempat, setelah sebelumnya mengeluhkan kesulitan bernafas. Tim dokter yang menangani Paus Fransiskus mengatakan bahwa kondisinya membaik setelah diberikan antibiotik.

Pasca Paus Fransiskus keluar dari RS setelah menjalani operasi usus tahun 2021, tidak banyak pernyataan ke media.

Kali ini Paus Fransiskus ingin menunjukkan pada semuanya bahwa dia sudah benar-benar sembuh, dan dia menunjukkannya dengan cara keluar dari mobil yang mengantarnya dan menyapa orang-orang, serta berbicara dengan awak media. Paus Fransiskus memakai tongkat untuk membantunya berjalan.

Dia memeluk pasangan suami istri yang anaknya meninggal di rumah sakit dan berdoa bersama mereka, dan juga menandatangani bebat yang menggulung tangan terluka seorang anak. Saat perjalanan kembali ke Vatikan, dia melambaikan tangannya dari balik kaca mobil.

Sang paus, yang merayakan 10 tahun kepausannya pada Maret ini, pernah terkena beberapa penyakit beberapa tahun terakhir ini.

Juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, membenarkan bahwa di akhir minggu, Fransiskus akan menghadiri acara Minggu Palma, sebuah kegiatan besar di kalender Gereja yang akan mengawali Paskah.

Peringatan yang juga dikenal sebagai Pekan Suci ini dipadati oleh kegiatan-kegiatan ritual dan upacara, seperti prosesi malam Jumat Agung oleh Koloseum Roma, yang bisa menguras tenaga.

Kepala dewan kardinal, Giovanni Battista Re, mengatakan bahwa seorang kardinal akan membantu paus dalam kegiatan pekan tersebut dan mengerjakan hal-hal yang berkaitan soal altar.

Hal tersebut sama seperti tahun lalu, di mana paus duduk di satu sisi saat perayaan Paskah karena sakit di lututnya, dan acara dipimpin oleh kardinal-kardinal senior lainnya.

Sumber: Reuters
Baca juga: Paus Fransiskus segera tinggalkan rumah sakit
Baca juga: Vatikan: Paus Fransiskus bisa tidur nyenyak di rumah sakit
Baca juga: Alami infeksi pernapasan, Paus Fransiskus dirawat di RS

Penerjemah: Mecca Yumna
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023