Beijing (ANTARA) - Deputi Direktur Badan Olahraga China Du Zhaocai ditahan oleh lembaga antirasuah setempat atas dugaan pelanggaran konstitusi dan disiplin.

Komisi Pusat Partai Komunis China untuk Penegakan Disiplin (CCDI) dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, menyatakan penahanan Du berkaitan dengan mantan Wakil Ketua Asosiasi Sepak Bola China (CFA) Wang Dengfeng yang ditahan pada Februari lalu atas dugaan suap.

Penahanan Du dilakukan setelah sejumlah pengurus teras CFA, termasuk Ketua Umum CFA Chen Xuyuan dan mantan pelatih tim nasional sepak bola putra China Li Tie, ditangkap oleh lembaga antikorupsi di bawah struktur partai berkuasa di daratan Tiongkok itu.

Sedikitnya delapan sampai sembilan insan sepak bola China sampai saat ini mendekam di penjara setelah penangkapan Li Tie pada November 2022.

Du juga merangkap sebagai Wakil Ketua CFA dan anggota Dewan FIFA sejak 2019. Namun dia gagal terpilih kembali sebagai anggota Dewan FIFA pada Maret lalu.

Dia pernah menjadi pemain hoki es profesional. Setelah lulus dari Shenyang Institute of Physical Education, Du bertugas sebagai pelatih pada komisi olahraga di Provinsi Shenyang.

CCDI terus berkampanye memerangi korupsi di cabang olahraga sepak bola dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan meredupnya pamor timnas sepak bola putra China di kancah internasional.

Baca juga: Dua lagi pengurus teras asosiasi sepak bola China ditangkap
Baca juga: Presiden Asosiasi Sepak Bola China ditahan terkait dugaan korupsi

 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023