Jakarta (ANTARA) - Chelsea dipermalukan di kandang oleh Aston Villa dengan skor 0-2 dalam matchday ke-29 Liga Inggris di Stamford Bridge pada Minggu (01/4).

Aston Villa membuka skor lewat gol Ollie Watkins di babak pertama sebelum John McGinn mencetak gol kedua timnya selepas jeda istirahat.

Kekalahan ini membuat Chelsea turun ke peringkat 11 klasemen sementara dengan torehan 38 poin, sedangkan Aston Villa naik ke tempat sembilan dengan raihan 41 poin, demikian catatan laman resmi Serie A.

Bermain di hadapan para suporter mereka, Chelsea langsung tampil menyerang sejak awal. Mereka nyaris membuka keunggulan pada menit ke-6.

Baca juga: Laga Chelsea vs Everton berakhir imbang 2-2

Mykhaylo Mudryk berhasil merebut bola dari Kamara saat dia menerima umpan pendek dari Martinez. Mudryk kemudian melepaskan tendangan terukur yang masih bisa ditepis oleh kiper Aston Villa, Emiliano Martinez.

Villa langsung membalas melalui tendangan McGinn setelah mendapatkan umpan terukur Ollie Watkins, tetapi tembakannya melebar dari gawang Chelsea.

Suporter tim tuan rumah dibuat terdiam oleh gol Villa pada menit ke-18. Berawal dari kesalahan Marc Cucurella menghalau tendangan Emiliano Martinez, Ollie Watkins berhasil merebut bola sebelum men-chip bola melewati kiper Kepa Arizabalaga dan masuk ke gawang Chelsea. Skor 1-0 untuk tim tamu.

Tertinggal 1-0, Chelsea mencoba menaikkan tempo serangan mereka. Pada menit ke-21, The Blues mengancam lewat tembakan mendatar Joao Felix yang masih bisa dihentikan Martinez.

Di masa injury time, suporter di Stamford Bridge bergemuruh setelah tandukan Ben Chilwell mengoyak gawang Martinez. Namun, wasit menganulir gol itu karena sang pemain dianggap melanggar Ashley Young saat proses gol tersebut tercipta.

Tidak ada gol tambahan hingga babak pertama berakhir. Aston Villa tetap unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Chelsea langsung menekan pertahanan Villa demi mencari gol penyeimbang.

Namun, gawang Chelsea justru kebobolan lagi pada menit ke-56. Mendapatkan umpan datar dari Jacob Ramsey, McGinn melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang gagal dihalau oleh Kepa. Aston Villa unggul 2-0 atas Chelsea.

Baca juga: Kalahkan Aston Villa 3-1, Man City kembali tempati peringkat dua

Chelsea tidak ingin kalah begitu saja, mereka berupaya keras untuk mencetak gol dan membombardir pertahanan Villa.

Chelsea sempat meminta tendangan penalti setelah Konsa sempat melakukan handball, tetapi VAR menanggap Konsa tidak sengaja melakukannya.

Pada menit ke-71, giliran Aston Villa yang meminta penalti kepada wasit setelah Ramsey dijatuhkan Koulibaly di kotak terlarang. Namun, wasit menilai bahwa kontrak Koulibaly relatif minim sehingga penalti tidak diberikan.

Kedua tim salign bertukar serangan di sisa waktu. Namun, tidak ada gol tambahan yang tercipta dan Aston Villa berhak membawa pulang tiga poin dari Stamford Bridge.

Susunan pemain

Chelsea (3-4-2-1): Kepa, Koulibaly, Cucurella (Pulisic 80'), Chilwell, Reece James, Kovacic (Gallagher 80'), Loftus-Cheek (Kante 57'), Havertz, Mudryk (Madueke 57'), Enzo Fernandez, Joao Felix

Aston Villa (4-4-2): Emiliano Martinez, Young, Alex Moreno (Digne 89'), Mings, Konsa, McGinn, Buendia (Bailey 76'), Kamara (Chambers 46'), Douglas Luiz (Dendoncker 87'), Ramsey, Watkins

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023