Bandung (ANTARA) -
PT Solusi Global Group, selaku penyelenggara ajang Miss Universe Indonesia Jawa Barat (Jabar) akan menggelar audisi ajang kontes kecantikan di dua universitas yang ada di Kota Bandung, yakni Universitas Katolik Parahyangan dan Universitas Kristen Maranatha.

"Roadshow ke kampus yakni ke Universitas Parahyangan dan Maranatha akan berlangsung pada Mei 2023 mendatang," kata Direktur Miss Universe Provinsi Jabar, Rizky Ananda Musa, dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Baca juga: Miss Universe 2022 dijadwalkan melakukan pemotretan di Bali

Di tingkat provinsi, kata Rizky, audisi Miss Universe Jawa Barat akan dimulai pada April 2023. Pendaftaran dibuka pada 2 April-15 Mei 2023.

Dia mengatakan dalam kurun waktu tersebut juga akan dilakukan roadshow dengan pendaftaran on the spot ke dua kampus dan tiga pusat perbelanjaan di Kota Bandung yakni Ciwalk, BIP, dan TBD.
 
Ajang Miss Universe Indonesia Jawa Barat bertujuan mencari dan mengembangkan talenta wanita Jawa Barat yang lengkap untuk jadi wakil di tingkat dunia.

Setelah menggelar roadshow, ajang Miss Universe Indonesia Jawa Barat berlanjut dengan audisi offline pada 20-21 Mei 2023 untuk memilih 20 kontestan yang selanjutnya dilatih di ajang bootcamp.

Audisi akan menilai beberapa aspek kriteria yakni pidato, catwalk, foto dan video, tanya jawab berbicara di depan umum serta wawancara mendalam.

Dewan juri yang terlibat masing-masing tokoh budaya Jawa Barat, fotografer, model senior, pejabat provinsi, dan juri dari sponsor.

Baca juga: Miss USA R'Bonney Gabriel dinobatkan sebagai Miss Universe yang baru

Sesi bootcamp yang diikuti 20 kontestan rencananya berlangsung pada 30 Mei-21 Juni 2023. Pada sesi tersebut, 20 kontestan Miss Universe Jawa Barat mendapatkan edukasi singkat mengenai beberapa aspek langsung oleh instruktur profesional di bidang masing-masing.

Edukasi tersebut meliputi public speaking oleh DJ Arie, catwalk, koreografi, dan kelas kecantikan.

Selain itu, finalis Miss Universe Jawa Barat juga akan mengikuti tur untuk menambah wawasan tentang industri kreatif di jawa barat dan mempromosikan Miss Universe Jawa Barat.

Para finalis Miss Universe Jawa Barat akan mendatangi destinasi wisata Saung Angklung Udjo, Batik Komar, dan Gedung Sate. Selain itu, mereka juga akan mengunjungi Pabrik Industri Skinsol Kosmetik serta media massa.

Setelah melalui tahap bootcamp, 20 kontestan Miss Universe asal Jawa Barat ini akan memasuki tahap final regional yang akan digelar di Gedung Sabilulungan, Kabupaten Bandung, pada 3 Juni 2023.
 
Dalam ajang grand final ini, para kontestan akan berhadapan dengan dewan juri yang terdiri atas perwakilan Miss Universe Indonesia, Direktur Miss Universe Provinsi Jawa Barat, tokoh penting Jawa Barat, tokoh budaya Jawa Barat, serta juri sponsor.

Baca juga: Putri Kecantikan Swiss meriahkan peragaan busana batik di Tulungagung
 
Sementara itu, Direktur Nasional Miss Universe Indonesia Poppy Capella mengatakan, Miss Universe bermaksud memberikan wadah bagi perempuan Indonesia untuk menunjukkan bakat dan kualitas luar biasa.
 
Melalui Miss Universe Indonesia, Poppy berharap dapat membantu wanita muda bersinar, meningkatkan harga diri, merangkul identitas Indonesia, dan memantapkan diri dengan percaya diri.
 
"Dengan 49,5 persen penduduk Indonesia terdiri dari wanita, Miss Universe Indonesia siap mentransformasikan organisasi saat ini sekaligus memberikan kesempatan yang terbuka bagi wanita untuk berkolaborasi dalam perbaikan beberapa masalah sosial yang terjadi di Indonesia," kata Poppy yang juga menjabat CEO PT Capella Swastika Karya.
 
Menurut Poppy, perempuan Indonesia masih memiliki banyak kesempatan untuk berkembang dan terbentang.
 
Apalagi, kata dia, Miss Universe menjunjung tinggi prinsip pemberdayaan perempuan.
 
Istri Wakil Gubernur Jawa Barat Lina Marlina Ruzhanul Ulum berharap audisi kontes kecantikan Miss Universe Indonesia ini dapat memicu para perempuan di Jawa Barat untuk memperkenalkan potensi Jawa Barat kepada dunia.
 
"Harapannya nanti perwakilan Jawa Barat bisa membawa Jawa Barat tidak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga mancanegara. Mudah-mudahan perwakilan Jawa Barat bisa semakin membuka mata dunia untuk bisa datang ke sini, untuk menikmati wisata dan keunggulan lainnya," kata Lina.


Baca juga: The All New Lexus RX dirilis lalu IVE lanjutkan tur "fancon" Asia

Baca juga: Miss Universe 2022 terkesan masyarakat Bali yang jujur dan hangat

Baca juga: Pemilik Miss Universe: Indonesia harus bersatu pilih kandidat terbaik








 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023