Jakarta (ANTARA) - Band death metal asal Florida, Morbid Angel, membagikan pernyataan resmi untuk merespons tragedi pada salah satu show mereka di Kota Belvidere, Illinois Amerika Serikat pekan ini, berupa terjangan angin kencang yang meruntuhkan atap lokasi Apollo Theatre sehingga berakibat satu orang meninggal dan 40 orang terluka.

Dalam pernyataan yang diunggah ke media sosial, Morbid Angel tak bisa menyembunyikan kesedihan mendalam dan turut berbelasungkawa kepada korban kejadian, keluarga dan sahabat para korban.

"Kita telah kehilangan sahabat dalam persaudaraan Metal semalam. Banyak yang mengalami cedera dan merasa terluka karena tragedi ini. Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada para pahlawan sejati, mereka yang ada di dalam ruangan membantu mengeluarkan orang-orang dan para petugas yang datang dengan cepat," tulis Morbid Angel seperti dilansir NME, Minggu.

Kini, band asal Tampa itu berfokus pada para korban yang terluka dan pihak-pihak yang mesti mendapatkan perawatan di rumah sakit, serta berharap semua korban dapat pulih dengan cepat.

Tragedi Belvidere terjadi pada Jumat (31/3) pukul 7:45 malam waktu setempat, sekitar 45 menit setelah konser dimulai. Saat itu, sebanyak 260 orang hadir di dalam ruangan ketika atap mulai runtuh akibat terjangan badai tornado. Beberapa saat sebelumnya, band death metal asal Brazil Crypta baru saja menyelesaikan aksi panggung mereka.

Sirene peringatan tornado memang sempat dibunyikan sebelum kejadian, meski belum dipastikan apakah tornado berpotensi menghantam lokasi konser di Apollo Theatre.

Otoritas setempat menyatakan bahwa korban meninggal dalam peristiwa tersebut diidentifikasi seorang pria berusia 50 tahun bernama Fred Livingston Jr., dan keterangan resmi menyebutkan ia ditemukan berada di bawah puing-puing dalam keadaan meninggal.

Lebih lanjut pihak otoritas Belvidere juga mengungkapkan jika bukan karena tindakan segera dan fakta bahwa mereka telah mengantisipasi adanya terjangan badai tersebut, maka segalanya bisa jadi akan berbeda.

Diketahui bahwa venue Apollo Theatre di Belvidere mampu menampung total hingga sebanyak 1.500 kepala dan pada show Jumat lalu, semua karcis terjual habis.

Akibat peristiwa nahas tersebut, Morbid Angel akan menjadwalkan ulang penampilan mereka ke tanggal 5 April mendatang.



Baca juga: Tim penyelamat AS cari korban tornado di Arkansas

Baca juga: AS keluarkan pernyataan darurat untuk Mississippi usai tornado hebat

Baca juga: 23 orang tewas akibat tornado dan badai petir di Mississippi

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023