Penerimaan calon PNS tersebut untuk memenuhi kebutuhan pegawai yang sampai saat ini masih kurang,"
Bekasi (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada awal 2013.

"Penerimaan calon PNS tersebut untuk memenuhi kebutuhan pegawai yang sampai saat ini masih kurang," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bekasi Sutisno, di Cikarang, Selasa.

Menurut dia, jumlah lowongan yang ditawarkan kepada masyarakat tergantung pada persetujuan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Kalau kebutuhan pegawai di Pemkab Bekasi saat ini bisa mencapai 9.600 orang. Namun, tidak mungkin akan dikabulkan semua oleh BKN," ujarnya.

Menurut dia, penempatannya akan disesuaikan dengan kebutuhan di dinas masing-masing dan mempertimbangkan kemampuan anggaran daerah.

Menurut dia, proses penerimaan pegawai baru pada 2013 diperkirakan akan berbeda dengan tahun sebelumnya.

Seleksi calon pegawai, kata dia, akan dilakukan langsung oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara atau BKN .

"Kami sudah ajukan kebutuhan pegawai ke BKN. Nanti tergantung BKN berapa yang disetujui," ujarnya.

Sutisno mengatakan, beberapa tenaga yang dibutuhkan adalah pendidik atau guru, tenaga medis seperti perawat dan dokter yang akan ditempatkan di seluruh Puskesmas, tenaga pengawas pada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), tenaga pengawas bangunan untuk Dinas Tata Ruang dan Pemukiman.

"Secepat mungkin jika sudah disetujui oleh BKN, akan segera dibuatkan pengumumannya dan disebar luaskan kepada masyarakat. Pemkab Bekasi memprioritaskan SDM dari Kabupaten Bekasi," ujarnya.

(KR-AFR/I014)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012