Jakarta (ANTARA) -
Ruang tamu menjadi tempat yang pertama dilihat ketika masuk ke dalam rumah. Para desainer interior ini membagikan enam macam desain ruang tamu yang akan populer di 2023 yang bisa dijadikan referensi, dikutip dari Insider, Senin.
 
1. Statement batu ada interior
 
Artem Kropovinsky, desainer interior dan pendiri studio desain interior Arsight, mengatakan kepada Insider bahwa batu akan menjadi tren musim ini.
 
"Batu adalah bahan alami yang menambah tekstur, kedalaman, dan keanggunan pada ruang apa pun. Ini bisa digunakan sebagai perapian, aksen dinding, atau meja kopi" kata Kropovinsky
 
Batu tidak lekang oleh waktu dan dapat mengubah ruang ruang tamu menjadi seni.
 
2. Pola scalloped-edge ciptakan suasana nyaman
 
Pola scalloped-edge, yang terbuat dari kurva biasanya di sepanjang tepi kain, menambah kelembutan, gerakan, dan pesona ruang.
 
Menurut Kropovinsky, pemilik rumah akan membawa tepian bergigi ke ruang tamu melalui sofa, kursi, permadani, dan bantal.

Baca juga: Interior nuansa senja dapat hangatkan suasana Ramadhan 2023
 
3. Kain bertekstur
 
Desainer interior Molly McGinness mengatakan bahwa berbagai kain bertekstur sedang menjadi gaya musim ini.

"Saya masih melihat bouclé di mana-mana, jadi menurut saya itu tidak akan hilang, tetapi seiring dengan tekstur itu, tren musim semi yang hebat termasuk menambahkan bantal besar yang tebal," kata McGinness.

Kain bertekstur adalah cara yang bagus untuk menghadirkan getaran alami dan organik dari alam bebas ke dalam ruang keluarga.
 
4. Warna natural semakin populer
 
Warna netral telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir, tetapi menurut desainer interior Beth Diana Smith, warna-warna jenuh (saturated colors) kini semakin populer.
 
"Nuansa merah dan pink semakin populer dengan gaya seperti cottagecore. Warna-warna ini juga menjadi lebih populer karena lebih banyak getaran feminin yang bermain dengan tren seperti Barbiecore," kata sang desainer.
 
Smith juga mengatakan bahwa lebih banyak orang yang condong ke warna tanah merah dan merah muda selain warna hijau, coklat, kuning, dan jeruk yang biasa.

Baca juga: Kiat memilih warna cat rumah berdasarkan maknanya
 
5. Furnitur melengkung kembali populer
 
Brooke Lang, desainer interior utama di Brooke Lang Design mengatakan furnitur melengkung, seperti sofa dan kursi melengkung, akan muncul di ruang keluarga musim ini.
 
"Digambarkan melalui elemen berbentuk lengkung pada cermin, lampu, kursi, dan sofa, estetika lengkung dapat melembutkan keseluruhan desain ruang tamu Anda," kata Lang.
 
Lang merekomendasikan menggabungkan aksesori melengkung secara halus melalui lampu meja dan meja samping jika potongan yang lebih besar bukan gaya Anda.

6. Gaya board-and-batten akan meningkat
 
Dan Mazzarini, kepala sekolah dan direktur kreatif di BHDM Design , mengatakan gaya board and batten yaitu pelapis papan dan reng akan populer menggantikan gaya shiplap.
 
"Menjauh dari shiplap, papan dan reng memberikan efek modern pedesaan dan chic. Meskipun sedikit lebih menantang untuk dipasang, namun tidak lekang oleh waktu, memiliki lebih banyak gelombang arsitektural, dan menciptakan bayangan dramatis dari cahaya alami," ucapnya.
 
Sementara itu, beberapa tren dekorasi ruang tamu yang sudah ketinggalan zaman menurut para desainer adalah ruang dinding yang dibiarkan kosong, furnitur dengan warna dan bentuk senada, dan perabotan besar dan tebal.
 
Pemilik rumah bisa menambah hiasan pada dinding yang kosong, sedikit sentuhan warna warni pada furnitur dan memilih mengganti perabotan yang lebih ramah ruang.

Baca juga: Magna hadirkan galeri kedua di Jakarta dan jasa konstruksi interior

Baca juga: Pakar beri kiat terapkan konsep rumah tumbuh

Baca juga: Mengenal arti rumah berkelanjutan dan cara menerapkannya
 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023