Internet sehat adalah tentang komunikasi orang tua dengan anak, bukan soal teknologinya,"
Jakarta (ANTARA News) - Komunikasi antara anak dan orang tua sangat penting dalam membimbing anak menggunakan internet secara sehat, kata Aktivis Internet Sehat Donny BU.

"Internet sehat adalah tentang komunikasi orang tua dengan anak, bukan soal teknologinya," katanya di sela-sela Workshop on Youth and Internet Addiction di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, orang tua diharapkan bisa memahami kegunaan perangkat komunikasi yang dimiliki anak tanpa harus mengerti hal-hal yang bersifat teknis. Orang tua juga diminta untuk menanamkan nilai-nilai yang baik dan sikap yang benar dalam berhubungan dengan orang lain kepada anak sehingga anak bisa menjaga dan melindungi dirinya dari tindak kejahatan.

"Orang tua tidak perlu mengerti gadget anaknya karena beda generasi. Tapi komunikasikan pesan-pesan misal ditanya HP-nya buat apa saja, kalau ketemu orang yang baru dikenal harus seperti apa," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan seorang anak tetap perlu mendapat bimbingan dari orang tuanya agar bijak dalam menggunakan teknologi informasi. "Jangan malah teknologi yang membimbing anak," katanya.

Terkait kecanduan internet yang terjadi di kalangan anak sekolah, dikatakannya, guru diharapkan memberi tugas yang mengharuskan siswa untuk mengakses internet sehingga siswa memiliki tujuan ketika berselancar dan tidak mudah terjerumus ke situs-situs pornografi ataupun penipuan.

"Guru tidak perlu melarang siswanya menggunakan internet, justru berilah tugas yang ada di internet," katanya. *
(A064/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012