Jakarta (ANTARA News) - Cairan antiseptik memang dapat membunuh kuman, tapi penggunaan cairan ini tidak dianjurkan untuk membersihkan organ intim perempuan, kata dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Pondok Indah - Puri Indah, dr. Susie Rendra, SpKK.

"Bila terasa gatal pada bagian intim, perempuan seringkali membasuh bagian ini dengan antiseptik, ini tindakan yang salah," ujar Susie pada jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Rasa gatal yang dirasakan pada bagian intim, seringkali diasosiasikan dengan adanya kuman di daerah itu. Susie menyatakan, bahwa memberikan antiseptik dengan tujuan untuk menghilangkan rasa gatal, justru akan memperparah kondisi organ intim perempuan.

"Vagina akan menjadi semakin kering, sehingga mikroorganisme yang menjaga area itu mati dan kuman serta bakteri jahat akan semakin berkembang biak karena tidak ada perlawanan alami," jelas Susie.

Lebih lanjut Susie menjelaskan bahwa antiseptik menyebabkan vagina menjadi semakin kering, sehingga gatal yang dirasakan akan menjadi semakin parah.

"Keputihan juga akan semakin parah, karena adanya perkembangbiakan jamur dan kuman di area itu," imbuh Susie.

(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012