Jakarta (ANTARA News) - Antara TV, Kamis, meraih juara kedua  program Inspirasi Indonesia dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Program berjudul "Harapan dari Taman Nasional Komodo" ini diproduseri oleh Rinto A. Navis mendapat Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2012.  Ini adalah untuk ketiga kalinya ANTARA TV mendapatkan anugerah sama.

Untuk anugerah ini, "Raja Ampat" yang diproduksi Kompas TV menjadi juara pertama.

Dari lima pemenang pertama dalam kategori media cetak, media online, media televisi, media radio, dan kategori khusus penyebarluasan berita pariwisata, dua di antaranya membahas Raja Ampat.

Selain "Raja Ampat" dalam program Teroka dari Kompas TV, tema Raja Ampat juga mendapat penghargaan dari tulisan "Raja Ampat Wisata Mahal Yang Terbayar Lengkap" karya Sri Anindiati Nursastri hasil produksi detiktravel.com yang menjadi juara pertama kategori media online.

APWI memberi penghargaan untuk media cetak, televisi, radio, dan online yang telah membuat tayangan, siaran, dan tulisan mengenai objek wisata di seluruh penjuru Indonesia.

Untuk kategori televisi, pemenang pertama dan ketiga diraih Kompas TV lewa "Raja Ampat" oleh Wahyu Mulyono dan program Hidden Paradise berjudul "Maratua" oleh Desy Arsianty, sedangkan Antara TV meraih juara kedua dengan "Harapan dari Taman Nasional Komodo" karya Rinto A. Navis.

Reza Idris dari majalah Jalan Jalan meraih juara pertama kategori media cetak dengan tulisan "Island Breeze". Travel Club dengan "Medan Aroma Sejarah Kemakmuran" karya Murdiyatno mendapat juara kedua, sementara Achmad Faizal dari Sinar Harapan meraih juara ketiga dengan tulisan "Sensasi Menjelajah ke Perut Bumi".

Untuk kategori media online, detiktravel.com menggondol juara pertama dan ketiga dengan "Raja Ampat Wisata Mahal Yang Terbayar Lengkap" dan "Menjelajahi Tiga Kampung Adat di NTT" karya Chrish Djoka, sementara juara kedua diraih Kompas.com dengan "Suka Tari Perang Atau Tertarik Mengepang Rambut?" karya Ni Luh Made Pertiwi.

RRI menggondol penghargaan untuk media radio, masing-masing lewat "Papua Barat, Mutiara Pariwisata Indonesia" dari Masduki dan "Kampung Betawi Setu Babakan" karya Ade Irosadi, sedangkan KBR68H mendapatkan juara ketiga dengan program Sarapan Pagi: "Desa Wisata di Kaki Ciremai".

Selain itu masih ada kategori khusus: Penyebarluasan Berita Pariwisata, tulisan Eva Fitriani "Pangandaran Jadi Destinasi Wisata Internasional" yang dimuat Investor Daily meraih juara pertama, sedangkan Fitri Yulianti dengan "Ke Pangandaran Jangan Hanya Lihat Laut, Ini Enam Alternatifnya" dari travel.okezone.com menduduki juara kedua.
(nan)

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012