Jakarta (ANTARA) -
Gelandang Persija Jakarta Hanif Sjahbandi berharap penggunaan kendaraan taktis (rantis) milik kepolisian untuk mengangkut pemain sepak bola ke stadion suatu saat dapat dihapuskan.

Persija akan melawat ke markas Persebaya Surabaya pada Rabu (5/4) besok. Mengingat rivalitas antara kedua klub dan kedua kelompok penggemarnya, maka pihak panitia pertandingan dan kepolisian terbiasa menggunakan rantis untuk mengangkut para pemain demi meminimalisir risiko serangan fisik terhadap para pemain kubu lawan.
 
Sebagai mantan pemain Arema, Hanif sudah memiliki sejumlah pengalaman bepergian ke stadion di Surabaya menggunakan rantis. Untuk itu, ke depannya ia berharap praktik seperti itu dapat dihapus pada masa yang akan datang.
 
"Saya rasa sudah waktunya kita sebagai pemain bola tidak pergi ke stadion menggunakan rantis. Saya sudah berkali-kali merasakan itu saat masih di Arema. Dan di Persija juga sama. Saya berharap kita belajar dari yang sudah-sudah, dari tragedi (Kanjuruhan) itu ya. Saya berharap ke depannya sepak bola ini sudah tidak perlu lagi ada menggunakan rantis lagi, yang mana kita kan menggunakan itu karena terancam bahaya di luar lapangan," papar Hanif saat menjalani konferensi pers sebelum pertandingan di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Selasa.

Baca juga: Thomas Doll tetap anggap penting laga melawan Persebaya
 
Pemain kelahiran Jakarta itu mengingatkan bahwa sejatinya sepak bola merupakan alat untuk mempersatukan. Di kalangan para pemain pun, sebut Hanif, rivalitas hanya berlangsung selama 90 menit saat berlaga, dan setelah itu mereka tetap berteman baik.
 
"Persebaya juga banyak pemain yang saya kenal di sana, bahkan Coach Aji Santoso sekalipun yang juga pelatih saya awal ke Liga 1. Jadi saya berharap ke depannya kita sebagai pemain pun merasa terlindungi di mana pun kita berada," ucap pemain berusia 25 tahun itu.
 
Perihal pertandingan klasik melawan Persebaya, Hanif hanya menyuarakan harapan agar timnya mampu bermain baik, terutama setelah mendulang kemenangan 2-0 atas rival lawas lainnya Persib Bandung pada pertandingan sebelumnya.
 
"Persija melawan Persebaya itu juga laga yang besar. Namun di situ juga saya sebagai pemain ingin memainkan pertandingan sebaik mungkin, belajar dari permainan-permainan sebelumnya, dari kekurangan-kekurangan kita. Saya harap ke depannya dari pertandingan ini bisa memberikan yang lebih baik lagi, dan terutama juga bisa meraih hasil yang positif untuk pertandingan besok," ucap Hanif.

Bagi Persija yang saat ini menduduki peringkat ketiga klasemen sementara Liga 1 dengan 57 poin, laga kontra Persebaya akan menjadi pertandingan ke-32 pada musim ini. Sedangkan bagi Persebaya, laga besok akan menjadi pertandingan ke-31 pada musim ini. Persebaya sampai sekarang masih menduduki posisi kedelapan di klasemen sementara dengan koleksi 45 poin.

Baca juga: George Brown tambah daftar pemain Persebaya absen lawan Persija
Baca juga: Doll berharap Persija bisa hentikan catatan buruk saat jumpa Persebaya
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023