BUMN seperti Kertas Leces yang telah lama mati, mulai menunjukkan gairahnya untuk bangkit kembali. Selain itu, Istaka Karya akan menunjukkan eksistensinya setelah utangnya bisa dibayarkan dalam jangka waktu enam tahun,"
Jakarta (ANTARA News) - Perum LKBN Antara berhasil meraih penghargaan terbaik ketiga dalam BUMN Award 2012 melalui layanan i-Media yang dikembangkan dan dikelola oleh anak perusahaan Antara, PT IMQ Multimedia Utama (IMQ).

Dalam acara yang digelar di Hotel Four Seasons Jakarta, Kamis malam, beberapa BUMN dinobatkan sebagai BUMN terbaik dari beberapa kriteria yang diselenggarakan oleh Majalah BUMN Track dengan tajuk Anugerah BUMN 2012 dan mengusung tema Inovasi untuk Optimalisasi Kontribusi.

Untuk penghargaan yang diraih i-Media adalah dalam kategori Inovasi Pelayanan Publik BUMN Terbaik.

Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan anugerah ini diharapkan dapat memacu BUMN yang sudah lama berhenti beroperasi atau melambat kinerjanya untuk dapat kembali bangkit.

"BUMN seperti Kertas Leces yang telah lama mati, mulai menunjukkan gairahnya untuk bangkit kembali. Selain itu, Istaka Karya akan menunjukkan eksistensinya setelah utangnya bisa dibayarkan dalam jangka waktu enam tahun," kata Dahlan dalam sambutannya pada acara BUMN Award.

Bahkan untuk Waskita Karya, menurut Dahlan, telah menunjukkan eksistensi dan geliatnya dengan memasuki pasar modal.

"Waskita Karya menunjukkan perubahan yang besar dengan masuk ke pasar modal. Hal ini merupakan kerja keras dari manajemen," paparnya.

Sedangkan Direktur Marketing Perum Lembaga Kantor Berita Antara, Hempi Prajudi, mengatakan sebagai juara III dalam Inovasi Pelayanan Publik BUMN Terbaik, LKBN Antara telah menghadirkan inovasi layanan melalui i-Media yang bisa dinikmati di sejumlah area publik, seperti di lima stasiun kereta api di wilayah Jabodetabek, kantor Walikota Palembang, kantor Pemprov Kalimantan Barat, kantor Kementerian BUMN dan lembaga swasta.

"I-Media merupakan salah satu bentuk inovasi yang dilahirkan dari anak usaha Antara, yaitu Indonesia Market Quotes (IMQ). Ini bentuk inovasi yang kami didedikasikan untuk Antara yang akan merayakan ulang tahun ke-75 pada 13 Desember mendatang," ujarnya.

Setelah mendapatkan respons positif untuk penempatan layanan i-Media di beberapa stasiun kereta api di Jabodetabek, layanan berupa berita, informasi, video dan juga informasi pergerakan saham dan mata uang ini akan dipasang di rangkaian kereta api commuter line khusus wanita pada pertengahan 2013, kata Hempi.

Selain itu, ucapnya, layanan i-Media yang dikemas dalam layar LCD atau LED ini akan terus dilakukan inovasi baik dari sisi kontennya maupun teknologinya, dengan penyebaran yang lebih luas di sejumlah area publik di seluruh Indonesia.

Hempi menambahkan, layanan i-Media ini memiliki konten yang bervariasi dengan menyajikan berita-berita terbaru yang dihasilkan oleh para wartawan Antara di seluruh Indonesia dan koresponden di berbagai negara di dunia.

"Selain di kantor-kantor pemerintah, stasiun kereta api Jabodetabek, rumah sakit dan di rangkaian commuter line, i-Media nantinya juga akan menyasar sejumlah tempat untuk bersantai seperti karaoke, salon, spa dan mal, yang tentunya menyesuaikan konten dengan responden yang disasar," tutur bapak tiga anak ini.

Berikut daftar lengkap BUMN yang meraih penghargaan dalam BUMN Award 2012:

  • 1. Inovasi Manajemen BUMN Terbaik diraih PT Kereta Api Indonesia Persero.
  • 2. Inovasi Sumber Daya Manusia BUMN Terbaik diraih PT Telekomunikasi Indonesia
  • 3. Inovasi GCG BUMN Terbuka BUMN Terbaik diraih PT Bank Negara Indonesia (Tbk)
  • 4. Inovasi GCG BUMN Non-Terbuka BUMN Terbaik diraih PT Jamsostek.
  • 5. Inovasi Produk Manufaktur BUMN Terbaik diraih PT Biofarma
  • 6. Inovasi Produk Agrikultur BUMN Terbaik diraih PTPN IV
  • 7. Inovasi Produk Jasa BUMN Terbaik diraih PT Pos Indonesia (Persero)
  • 8. Inovasi Aplikasi Teknologi BUMN Terbaik diraih PT Wijaya Karya Tbk
  • 9. Inovasi Pelayanan Publik BUMN Terbaik diraih PT Kereta Api Indonesia (Persero)
  • 10. Inovasi Bisnis Global BUMN Terbaik diraih PT Pertamina (Persero)
  • 11. Inovasi Invensi Teknologi BUMN Terbaik diraih PT Batan Teknologi (Persero)

Untuk kategori BUMN Inovatif Terbaik (Best of The Best) dimenangi oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI)

Sementara CEO BUMN Inovatif Terbaik jatuh kepada lima pemenang, yakni Arief Yahya (PT Telkom), Emirsyah Satar (PT Garuda Indonesia), Ignasius Jonan (PT KAI), Karen Agustiawan (PT Pertamina), dan RJ Lino (PT Indonesia Port Corporation).

 (KR-IAZ)





Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012