Udinese, Italia (ANTARA News) - Liverpool mengkandaskan tuan rumah Udinese dari kompetisi Liga Eropa melalui gol Henderson pada pertandingan Jumat dinihari, yang sekaligus memuaskan ambisi klub Inggris itu untuk menduduki peringkat pertama klasemen Grup A.

Gol Henderson tercipta pada menit 23, berkat assist Suso yang menerima umpan lambung dari tendangan pojok Stewart Downing dari sisi kanan gawang Udinese.

Pada awal babak pertama, tuan rumah yang mendapatkan dukungan lebih dari penonton, tampil agresif dan beberapa kali menembus daerah pertahanan Liverpool, tapi belum juga membuahkan gol.

Sekitar 15 menit pertama pertandingan berlangsung, Liverpool berbalik menguasai pertandingan setelah Shelvey masuk menggantikan Nuri Sahin menit 12, pergantian yang begitu cepat.

Dengan menyerang bertubi-tubi, beberapa kali Liverpool mencetak peluang, termasuk pada akhir babak pertama ketika Suarez yang mendapatkan umpan sepak pojok dari Shelvey, meraksek ke depan gawang Udinese dan melepaskan tembakan, tapi berhasil ditepis kiper Padelli.

Hingga pertandingan babak pertama selesai, skor tidak berubah 1-0 untuk Liverpool.

Berlaga di babak kedua, Liverpool tidak mengendurkan serangannya, sementara pemain belakang Udinese harus ekstra keras menjaga pergerakan Suarez, Shelvey, dan Downing.

Upaya barisan belakang menghadang serangan Liverpool justru akhirnya berbuah kartu merah. Pasquale harus keluar lapangan setelah melanggar Sterling di kotak penalti, keadaan yang membuat Udinese harus bermain dengan 10 pemain.

Beruntung, upaya tidak kenal lelah para pemain Udinese mampu mencegah Liverpool menambah gol. Beberapa aksi berbahaya Suarez berhasil mereka patahkan.

Udinese yaris menyamakan kedudukan pada injury time. Di Natale yang terlambat masuk lapangan menggantikan Ranegie pada menit 86, berlari menggiring bola dan melayangkan tendangan keras ke gawang Liverpool.

Tapi lagi-lagi tidak beruntung, sepakan Di Natale pada detik-detik terakhir 4 menit injury time, tidak bisa mengubah kedudukan. Tetap 1-0 untuk Liverpool hingga wasit meniup peluit terakhir.

Berkat pencapaiannya di kandang Udinese itu, Liverpool berada di puncak klasemen Grup A dengan poin 10, menang selisih gol dari Anji yang berada di posisi kedua dengan raihan poin sama.

Klub Rusia, Anji Makhachkala yang sebelumnya berada di puncak grup, harus turun ke posisi kedua setelah dikalahkan wakil Swiss, Young Boys, 3-1 pada pertandingan lain di kadang Young Boys.

Dengan kemenangan itu, Young Boys menempati posisi ketiga di bawah Anji dengan poin 10, sementara Udinese menempati juru kunci dengan hanya meraih poin 4, demikian data klasemen yang dilansir UEFA.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012