Bandarlampung (ANTARA) - Pamungkas perhelatan Temu Sastra Indonesia 2012 pada tujuh kota oleh Bale Sastra bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, digelar di Hotel Kaisar, Jakarta, mulai Jumat malam ini hingga 9 Desember nanti.

Penyair asal Lampung, Isbedy Stiawan ZS, di Bandarlampung, Jumat, menyatakan bahwa dirinya bersama Agit Yogi Subandi hadir dalam Temu Sastra Indonesia 2012 itu.

Direncanakan dari Kemendikbud akan memberikan sambutan dalam pembukaannya, seperti dikatakan Chavchay Syaifullah, Ketua panitia Konferensi Jakarta itu.

Sebelumnya, Bale Sastra menggelar Temu Sastra Indonesia 2012 di tujuh kota, yaitu Lebak, Malang, Padang, Banjarmasin, Palu, Kupang, dan Jakarta.

Kemudian menggelar pula Pertemuan Pengarang Indonesia (PPI) di Makassar, 25-27 November 2012.

Chavchay mengatakan, dalam Konferensi Jakarta ini, para sastrawan dan pecinta sastra berkumpul untuk merefleksikan ulang perjalanan Temu Sastra Indonesia 2012.

"Di samping itu, mereka juga membacakan karya-karya sastra berupa puisi dan cerpen. Mereka juga memusikalisasi puisi dengan berbagai warna musik," ujar dia lagi.

Dalam temu sastra itu, selain akan merumuskan Temu Sastra Indonesia 2013, baik pada tataran topik seminar maupun kota tempat berlangsung TSI 2013 akan digelar, Konferensi Jakarta akan menjadi kesempatan melakukan penjelajahan awal wacana yang akan dibicarakan pada Temu Sastra Indonesia 2013.

Tema yang akan diangkat untuk penjelajahan awal tersebut yaitu: "Sastra dan Karakter Bangsa" dan "Sastra dan Kesadaran Sejarah".
(B014)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012