Jakarta (ANTARA News) - Pekerja bangunan yang dikirim untuk merenovasi satu kastil abad ke-18 di wilayah barat Prancis, Bordeaux, justru mengubah puri ini menjadi puing-puing.

Pemilik kastil ini adalah seorang pengusaha bidang ekspor asal Rusia, Dmitry Stroskin yang berdomisili di Polandia.

Stroskin mengatakan kepada satu koran lokal bahwa dia terkejut saat mengetahui pekerja yang seharusnya  meruntuhkan kakus di luar rumah dan merenovasi sisanya, malah meruntuhkan bangunan megah bernama Chateau Bellevue itu yang kini lenyap dari peta.

"Dia mengatakan kepada saya bahwa dia benar-benar terkejut, bahwa ini adalah kecelakaan dan ia adalah korban utama," kata Claude Carty, walikota tempat Chateau Bellevue itu.

Stroskin telah mengatakan ia akan membangun replika Chateau Bellevue yang oleh pemilik sebelumnya disewakan sebagai tempat pesta pernikahan.

"Saya akan membangun kembali Bellevue persis seperti itu," ujar Stroskin kepada surat kabar SudOuest seperti dikutip Reuters.

Warga sekitar kastil yang marah karena runtuhnya bangunan mewah itu, mengirim pesan ke situs surat kabar, dan menyatakan mereka ragu Stroskin sengaja membongkarnya.

(M048)

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012