Kita usahakan dari pemuda dulu, karena penganguran dari kelompok pemuda tingg
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan mengatakan tidak ingin melihat ada sarjana yang menjadi pengangguran di Indonesia, dan berupaya menjadikan mereka wirausahawan sukses yang berkontribusi pada perekonomian bangsa.

"Kami ingin betul menyosialisasikan gerakan kewirausahaan agar tidak ada lagi pengangguran terutama dari kalangan sarjana dan kelompok terpelajar," katanya di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, untuk menurunkan tingkat pengangguran maka gerakan kewirausahaan akan lebih digencarkan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya terutama untuk 2013.

Pihaknya membidik dua segmen di tahap awal gerakan tersebut yakni pemuda lulusan SMA dan sarjana lulusan perguruan tinggi.

"Saya pikir jika kita fokus di dua segmen itu, job creator akan bertambah," katanya.

Kementerian Koperasi dan UKM mencatat jumlah pengangguran lulusan SMA sederajat sudah mencapai 2 juta orang. Sementara itu, jumlah sarjana yang menganggur ada lebih dari 492.000 orang.

Pemerintah sendiri menargetkan ada penambahan setidaknya satu juta pelaku wirausaha baru per tahun secara rutin.

"Kalau kita fokus dalam program kewirausahaan, saya yakin hal itu pasti bisa tercapai," katanya.

Ia mengatakan, angkatan kerja Indonesia mencapai 120 juta orang dan sampai kini 1,56 persen diantaranya merupakan pelaku wirausaha.

Hal itu, berbanding jauh dengan sebelumnya yang hanya 0,18 persen, dan tahun depan pemerintah menargetkan jumlah pelaku wirausaha menjadi dua persen dari total angkatan kerja.

(H016/A035)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2012