Jakarta (ANTARA) - Kepala Tim Ferrari Frederic Vasseur mengaku tetap berusaha optimistis menghadapi Formula 1 musim ini meski mengalami awal yang berat pada tiga putaran Grand Prix yang sudah berlangsung sejauh ini yaitu di Bahrain berlanjut ke Arab Saudi dan Australia.

Pada akhir pekan lalu, Ferrari tampil tanpa poin di Australia setelah Charles Leclerc harus menepi di lap pembuka serta Carlos Sainz yang diberikan penalti waktu lima detik sehingga membuatnya terdepak dari posisi finis 10 besar.

"Ya (memang awal yang berat), tapi tugas saya adalah mengambil sisi positifnya bukan hanya sisi negatifnya. Saya pikir kami melakukan pekerjaan yang baik secara keseluruhan," ujar Vasseur, dikutip dari laman resmi F1, Kamis.

Ia pun tidak menampik jika kondisi di awal musim tersebut membuatnya sulit untuk tidak merasa emosional dan kesal saat dua kejadian buruk menimpa tim dalam waktu berdekatan. Namun, ia menilai tidak ada yang bisa memprediksi jalannya perlombaan sehingga tim harus siap dengan kondisi dan tantangan di depannya.

Baca juga: Leclerc frustrasi dengan performanya di awal musim 2023

Adapun Sainz mendapat penalti lima detik karena terlibat tabrakan dengan Fernando Alonso (Aston Martin) di GP Australia.

"Dia (Sainz) melakukan pekerjaan yang sangat bagus dan sekarang saya pikir Anda dapat mendiskusikan soal (keputusan) penalti ini selama berjam-jam -- menilai apakah penalti itu terlalu keras atau tidak. Yang pasti, tergantung tim Anda, analisisnya akan berbeda," kata Vasseur.

Vasseur menambahkan, tetap melihat sisi positif dari balapan di Sirkuit Albert Park akhir pekan lalu dan menjadikannya bekal untuk memperbaiki diri di putaran selanjutnya.

"Ada hal positif. Jika kami melihat sepanjang akhir pekan, pada Sabtu (1/4), kami kecewa dengan hasilnya, tapi level performa ada di sana, kami hanya tidak menggabungkan semuanya dengan baik," kata dia.

"Tapi (pada hari Minggu) kecepatannya bagus. Kami harus melakukan pit stop ekstra, tapi saya menerimanya, dan kecepatannya baik-baik saja. Ini adalah langkah maju dibanding dua pekan lalu di Jeddah dan sekarang kami harus melakukan langkah maju lainnya untuk Baku (GP Azerbaijan)," imbuhnya.

Sementara itu, putaran keempat F1 akan bergulir di Sirkuit Baku, Azerbaijan, pada akhir April.

Baca juga: Verstappen sebut Hamilton tak patuhi aturan balapan di Australia
Baca juga: Meski naik podium, Hamilton sebut Mercedes masih perlu perbaikan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023