Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengatakan akan berupaya berkomunikasi dan berkoordinasi lebih intensif dengan stakeholder yang ada terkait kabar penolakan Gubernur Bali I Wayan Koster terhadap partisipasi tim Israel dalam Kejuaraan 2nd ANOC World Beach Games (WBG) 2023 di Bali.

"Ya saya juga baru melihat di media, untuk World Beach Games ini akan kita komunikasikan lebih intens dan dilanjutkan. Pastinya saya secara resmi akan berbicara dengan Bu Menlu untuk menyikapi hal ini," ujar Menpora Dito dikutip dari laman resmi Kemenpora, Kamis.

"Apa kesepakatan dan peraturan yang ada yang sudah disepakati kita harus melakukan responsifnya dengan aturan yang ada. Jadi, untuk solusinya sementara ini yakni, komunikasi lebih intensif, kita agendakan bisa bertemu dengan Gubernur Bali minggu ini."

"Kita doakan saja semoga event besar ini bisa tetap berjalan. Jadi kita tetap usahakan apa yang sudah menjadi komitmen dari awal dan kita berlandasan dari Kemlu saja," imbuhnya.

Baca juga: KOI sebut persiapan AWBG Bali masih terus berjalan

ANOC WBG rencananya akan digelar di Bali pada 5-15 Agustus 2023. Ajang tersebut akan menjadi kali pertama Indonesia menggelar event WBG yang akan diikuti 1.554 atlet.

Akan ada lebih dari 100 negara peserta yang nantinya menuju ke Pulau Dewata memperebutkan 44 medali emas dari 14 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Dari 14 cabang olahraga itu, 10 di antaranya merupakan cabang olahraga wajib, yakni Aquathlon, Beach Handball, Beach Soccer, Beach Tennis, Beach Volleyball, Beach Waterpolo, Beach Wrestling, Karate-Beach Kata dan Open Water Swimming.

Kemudian, ada empat cabang olahraga tambahan yakni Bola Basket 3x3, Air Badminton, Rowing, dan Surfing.

Baca juga: KOI harapkan komunikasi yang solid terkait AWBG Bali

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023