Palu (ANTARA News) - Belasan jaksa di Kota Palu, Minggu, melakukan aksi turun ke jalan guna memperingati Hari Antikorupsi Internasional.

Petugas dari Kantor Kejaksaan Sulawesi Tengah itu membagi-bagikan gambar tempel (stiker) bertuliskan antikorupsi kepada pengguna jalan yang melintas.

Selain itu, para jaksa juga membagikan buku tentang pemberantasan korupsi kepada warga.

Pembagian stiker dan buku tersebut berlangsung di sejumlah jalan protokol di Kota Palu.

Bahkan ada jaksa yang turut memasang stiker antikorupsi ke badan mobil angkutan kota yang kebetuln berhenti di perempatan lampu merah.

Humas Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah Ekky Muhammad Hasyim mengatakan aksi tersebut adalah guna memberi pendidikan kepada masyarakat tentang kejahatan korupsi dan bagaimana mencegahnya.

Menurutnya, aksi pencegahan korupsi bisa dilakukan kapan saja, dan momen Hari Antikorupsi adalah saat tepat untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat.

Dalam waktu beberapa bulan terakhir Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah gencar melakukan kegiatan pembelajaran tentang pencegahan korupsi, salah satunya dengan kantin kejujuran di sekolah-sekolah.

Di kantin tersebut, pelajar mengambil barang dan meninggalkan uang di tempat yang telah disediakan tanpa adanya penjaga kantin.

Kantin tersebut bertujuan melatih kejujuran siswa agar tidak merugikan pemilik kantin.

Meski di sejumlah sekolah kantin kejujuran kurang berjalan maksimal namun Kejaksaan Tinggi akan terus melakukan kegiatan pencegahan korupsi kepada masyarakat.

Sementara itu aksi jaksa turun ke jalan itu juga dilakukan oleh aparat kejaksaan di sejumlah kota besar di Indonesia.
(R026)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012