Cilacap (ANTARA News) - Sebanyak 161 pecatur dari berbagai kota di Jawa dan Bali mengikuti Kejuaraan Catur Cepat "Pertamina Open 2012" di Gedung Patra Graha Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Minggu.

Ketua Panitia Kejuaraan Catur Cepat "Pertamina Open" Syahrul Anwar mengatakan, ke-161 pecatur ini terdiri Master Fide (MF), yakni Master Nasional (MN), Master Nasional Wanita (MNW), dan Master Percasi (MP) serta pecatur nonmaster.

"Master Fide yang ikut kejuaraan ini adalah Johan Gunawan dari DKI Jakarta. Selain itu ada 27 orang Master Nasional (MN), Master Nasional Wanita (MNW), dan Master Percasi (MP)," kata dia menjelaskan.

Menurut dia, kejuaraan ini memperebutkan piala bergilir dan total hadiah sebesar Rp8,2 juta.

Ia mengharapkan, kejuaraan ini dapat menambah animo masyarakat untuk berlatih, bertanding, dan menjuarai setiap kejuaraan.

Sementara saat membuka Kejuaraan Catur Cepat, General Manager Pertamina RU IV Cilacap, Teuku Khaidir mengatakan, kejuaraan ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke-55 Pertamina.

Menurut dia, permainan catur memiliki manfaat yang luar biasa yang seharusnya dapat diterapkan dalam kehidupan manusia.

"Catur merupakan permainan yang mulia karena pemain catur melindungi rajanya dari ancaman musuh, luar biasa. Dalam kehidupan kita filosofi itu harus dibawa, tidak hanya saat main catur," katanya.

Selain itu, kata dia, pemain catur juga harus bisa meningkatkan daya saing dalam berbisnis karena konsumen adalah raja.

Bahkan, lanjutnya, permainan catur sangat efektif untuk meningkatkan fungsi memori sehingga tidak mudah lupa meskipun sudah tua.

"Banyak sekali manfaat dari catur karena bisa meningkatkan kecerdasan, kepercayaan diri, melatih disiplin, juga bisa mengambil keputusan dengan cepat," katanya.

Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Cilacap, Handoyo Wibowo mengatakan, olahraga catur di Cilacap dalam tiga tahun terakhir mengalami kemajuan yang cukup pesat, terutama pada atlet juniornya.

"Belum lama ini ada turnamen lokal yang diikuti juga oleh pecatur-pecatur senior, tetapi juara satunya adalah Nur Aziz, masih sekolah di SMK, yang juga binaan kami. Jadi, memang kami serius sekali untuk menggarap atlet junior kita karena kita punya banyak sekali," katanya.

Menurut dia, pada Januari 2013 di Cilacap juga akan hadir Sekolah Catur Utut Adiyanto yang diharapkan mendidik atlet-atlet catur junior.

Secara terpisah, Public Relations Section Head Pertamina RU IV Cilacap Sundoro Ribudhy mengatakan, Kejuaraan Catur Cepat ini merupakan yang pertama kali digelar oleh Pertamina RU IV.

"Pada 2002 silam pernah digelar untuk tingkat lokal, namun setelah itu tidak digelar lagi. Sekarang digelar untuk yang pertama kalinya dengan peserta dari Jawa dan Bali," katanya.
(KR-SMT)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012