Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melalui program HK Peduli Sosial, berkolaborasi dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar pasar sembako murah dan bazar UMKM dalam rangkaian Safari BUMN 2023 yang dilaksanakan serentak di Jabodetabek, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah.

“Paket sembako terdiri dari beras 5 kg, minyak 1 liter dan gula 1 kg. Masyarakat yang ingin membeli paket sembako, diwajibkan melakukan registrasi lebih dahulu sesuai dengan wilayah RW masing- masing dengan membawa KTP dan kupon yang telah dibagikan di setiap RT untuk selanjutnya ditukarkan dengan satu paket sembako dengan harga murah,” kata Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo lewat keterangannya di Jakarta, Jumat.

Bertempat di Tugu Jam Paser, Jalan Kusuma Bangsa KM.5 Desa Tepian Batang, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser – Kalimantan Timur, kegiatan ini diresmikan langsung oleh Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Hutama Karya Agus Kosasih.

Turut hadir Bupati Kabupaten Paser Fahmi Fadli bersama dengan Camat Tanah Grogot Abdul Rasyid, dan Kepala Desa Tepian Batang Jaludin.

Tjahjo menyampaikan kegiatan Safari Ramadhan di Kabupaten Paser terdapat 1000 paket sembako murah yang telah disiapkan oleh Hutama Karya dan langsung didistribusikan kepada masyarakat sekitar Kabupaten Paser.

Lebih lanjut Tjahjo menambahkan pasar murah akan digelar dari pukul 14.30 sampai dengan 16.30 WITA. Adapun selain pasar murah, kegiatan Safari Ramadhan di Kabupaten Paser juga dimeriahkan dengan acara bazar Binaan UMKM, penampilan musik band lokal, serta pemberian bantuan senilai puluhan juta yang bersumber dari penjualan paket sembako murah kepada Panti Asuhan Al Muhtadin dan Panti Asuhan Al Ihsan - Kabupaten Paser.

Baca juga: Stafsus BUMN imbau Hutama Karya dan Waskita berikan diskon tarif tol

Menyemarakkan pasar murah ini, Hutama Karya turut menerjunkan puluhan karyawan millennials Hutama Karya untuk berkontribusi langsung selama kegiatan. Masih dalam momentum HUT Hutama Karya ke 62, HK Peduli Sosial ini juga menjadi bentuk apresiasi Hutama Karya atas dukungan masyarakat Paser dan Kalimantan Timur atas proyek jalan tol IKN yang sedang digarap perusahaan saat ini.

“Melalui kegiatan Safari Ramadhan di Kabupaten Paser ini, kami berharap dapat memberikan manfaat yang besar, mensejahterakan masyarakat sekitar khususnya memenuhi kebutuhan pokok selama bulan Ramadhan 1444 H, serta mendorong pelaku UMKM lokal mengembangkan bisnis dan usaha yang dilakukan," ujar Tjahjo.

Penyaluran paket sembako murah ini disambut dengan antusias oleh warga sekitar Kabupaten Paser.

Camat Tanah Grogot Abdul Rasyid mengungkapkan bahawa kegiatan ini memiliki dampak positif guna meningkatkan daya beli serta memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

“Sebagai Camat Tanah Grogot kami mengucapkan terima kasih kepada Hutama Karya dan Kementerian BUMN, atas terselenggaranya Safari Ramadhan di Kabupaten Paser. Kegiatan ini tentunya dapat mendorong perekonomian di wilayah kami," ujar Abdul Rasyid.

Baca juga: HK berkomitmen beri pelayanan terbaik pada arus mudik Lebaran di JTTS

Hutama Karya melalui program TJSL “HK Peduli Sosial” senantiasa berperan aktif dalam menyalurkan berbagai bantuan paket sembako kepada masyarakat tidak mampu, dhuafa dan yatim piatu yang berada di sekitar lingkungan bisnis perusahaan.

Pada 2023, sudah ribuan paket sembako disalurkan oleh perusahaan. Seluruh rangkaian kegiatan Safari Ramadhan ini sesuai dengan ISO:26000 yakni standar internasional yang memberikan pedoman untuk tanggung jawab sosial dalam perusahaan sekaligus Sustainable Development Goal (SDGs) Pilar Pembangunan Lingkungan Nomor 02 tentang Tanpa Kelaparan.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023