Jakarta (ANTARA/JACX) - Sosok Ida Dayak tengah "naik daun" pada awal April 2023. 

Wanita 51 tahun ini menyediakan jasa pengobatan alternatif yang disebut ampuh mengobati berbagai keluhan, di antaranya patah tulang, lumpuh, hingga bisu.

Selain menggunakan pakaian adat Kalimantan, pengobatannya juga dilakukan secara menarik, yakni dilengkapi dengan ritual menari.

Sejumlah tokoh disebut sudah banyak menggunakan jasa pengobatan Ida Dayak, seperti mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M Hendropriyono serta Guruh Soekarnoputra.

Selebritas Raffi Ahmad baru-baru ini juga diklaim menggunakan jasa pengobatan Ida Dayak. 

Namun, pengobatan tersebut ditujukan untuk menyembuhkan rekan sesama pesohor, yakni penyanyi dangdut Lesti Kejora.

"Detik-detik Raffi Bawa Ibu Ida Dayak Untuk Menyembuhkan Lesti Kejora Dirumah Sakit," demikian isi narasi yang beredar di YouTube sejak 2 April 2023.

Dalam sampul video itu, tampak Raffi Ahmad ditemani istrinya, Nagita Slavina, serta Ida Dayak berada di ruang rumah sakit tempat Lesti Kejora dirawat. 

Namun, benarkah Lesti Kejora akan diobati Ida Dayak yang dibawa oleh Raffi Ahmad?
 
Tangkapan layar hoaks yang menyatakan Ida Dayak dibawa Raffi sembuhkan Lesti Kejora (YouTube)


Penjelasan:
Menurut sejumlah pemberitaan, kondisi kesehatan Lesti Kejora memang sedang menurun hingga harus dilarikan ke rumah sakit pada akhir Maret 2023.

Namun, tidak ada rujukan resmi yang membuktikan bahwa Lesti akan diobati Ida Dayak, yang dibawa langsung oleh Raffi Ahmad.

Setelah ditelusuri, sampul video yang ditampilkan di YouTube tersebut nyatanya telah disunting. 

Foto asli seperti tampak pada sampul konten YouTube itu tidak menampilkan Raffi Ahmad, Nagita Slavina dan Ida Dayak menjenguk Lesti Kejora di rumah sakit.

Pada dokumentasi sebenarnya termuat gambar Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana, dan putrinya yakni Kahiyang Ayu, yang sedang menjenguk Presiden ke-3 RI BJ Habibie di RSPAD Gatot Subroto pada 28 Oktober 2014.

Potret aslinya dapat dilihat di media berikut. Presiden Jokowi tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang, Ibu Negara mengenakan blus warna jingga, dan  Kahiyang tampil dengan mengenakan blus biru.

Fakta tersebut sekaligus membuktikan bahwa konten di YouTube, tentang Ida Dayak dibawa Raffi untuk sembuhkan Lesti Kejora merupakan hasil manipulasi (hoaks).

Klaim: Ida Dayak dibawa Raffi sembuhkan Lesti Kejora
Rating: Hoaks

Baca juga: Pengamat Sosial ungkap alasan pengobatan Ida Dayak membludak

Cek fakta: Hoaks! Lesti Kejora dijenguk Jokowi di rumah sakit

Baca juga: PABOI: Keamanan terapi alternatif Ida Dayak perlu dikaji secara ilmiah

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023