lebih tersampaikan kepada warga
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan mengajak unit kerja perangkat daerah (UKPD) memberikan sosialisasi penutupan jalan putar balik (u-turn) kepada sejumlah warga di Jalan Pangeran Antasari tepatnya kawasan KH. M Naim, Kebayoran Baru.

"Kami siapkan langkah-langkah lanjutan yang tentunya berkolaborasi dengan UKPD dan institusi lain untuk mendukung," kata Kepala Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Selatan Susilo Dewanto saat dihubungi, di Jakarta, Jumat.

Susilo menerangkan kolaborasi tersebut nantinya akan mendiskusikan terlebih dahulu lokasi lain yang nantinya akan ditutup untuk mengurangi kemacetan di sekitar Jalan Pangeran Antasari.

Nantinya kabar penutupan jalan putar balik tersebut juga akan disampaikan melalui media sosial Dinas Perhubungan DKI maupun Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan.

"Kami harap dengan adanya pendekatan dengan lurah maupun tokoh masyarakat bisa membuat sosialisasi lebih tersampaikan kepada warga," tutupnya.

Sebelumnya, Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan mengambil kembali pagar beton di Jalan Pangeran Antasari usai warga protes jalan putar balik (u-turn) ditutup pada Kamis (30/3) siang.

Berdasarkan pantauan di lokasi pukul 15.18 WIB, sejumlah petugas menggunakan alat pemberat untuk mengangkat pagar beton di mobil bak terbuka (pickup).

Personel Kepolisian juga membantu di lokasi dengan mengamankan arus lalu lintas agar tidak menimbulkan kemacetan bagi para pengguna jalan.

Terpantau sekitar pukul 16.05 WIB, petugas berhasil mengangkat seluruh pagar beton sehingga akses pada perempatan kawasan KH M Naim, Kebayoran Baru, bisa digunakan kembali.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan uji coba penutupan 32 titik putar balik (u-turn) dalam upaya mengurangi kemacetan di Ibu Kota per April 2023.

Di wilayah Jakarta Selatan terdapat delapan jalan putar balik yang akan ditutup, yakni:

1. Jl. Raya Pasar Minggu (Perumahan Sat Brimobda Metro Batalyon B)
2. Jl. Pakubuowo VI (Jl Martimbang II)
3. Jl. Raya Pasar Minggu (Jalan Samali perbatasan Kec. Pancoran dan Kec. Pasar Minggu/ Jalan Samali dekat Halte H Samali Partai Bulan Bintang)
4. Jl. RC Veteran Raya (Pom Bensin Pertamina)
5. Jl. Raya Ciledug (Bank Mega & BSI)
6. Jl. Pangeran Antasari (Simpang H Naim II dan H Naim III)
7. Jalan Rasuna Said (depan JPO Karet Kuningan)
8. Jalan Antasari (depan SD Cilandak Barat 15 Pagi)

Baca juga: Dishub DKI tambah lokasi penutupan "U-turn" jadi 32 titik

Baca juga: Dishub DKI siagakan petugas di 27 titik putaran balik

Baca juga: Pemprov DKI-Polda Metro bahas pengurangan U-Turn

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023