Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Tesla dikabarkan telah kembali melakukan pemangkasan harga di pasar Amerika Serikat untuk kelima kalinya sejak awal tahun ini pada dua versi sedan Model 3 dan crossover Model Y.

Tesla memangkas harga hingga 1.000 dolar AS atau nyaris sekitar Rp15.000.000 untuk sedan Model 3 dan menerapkan potongan sebesar 2.000 dolar AS atau mendekati Rp.30.000.000 untuk seri crossover Model Y, sebagaimana dilansir Reuters, Jumat.

Sejak awal tahun, perusahaan tersebut telah memangkas harga sedan Model 3 secara kumulatif hingga 11 persen dan pengurangan sebesar 20 persen untuk Model Y.

Baca juga: Dilema Tesla dalam pengembangan baterai berbasis besi

Keputusan untuk melakukan pemangkasan kelima kalinya di pasar terbesar Tesla sejak Januari lalu mengacu kebijakan negara tersebut yang menetapkan standar lebih ketat sebagai bagian dari membatasi kredit pajak kendaraan listrik.

Pada pekan ini, Tesla melaporkan pengiriman kuartal pertama mereka mencapai hampir 423.000 kendaraan atau naik hanya 4 persen dari kuartal sebelumnya setelah pemberlakuan kebijakan pemangkasan harga di Amerika Serikat, China, dan pasar lain.

Sementara itu, Tesla telah menetapkan target sebesar 1,8 juta pengiriman untuk tahun ini.

Baca juga: Pengiriman Gigafactory Tesla di Shanghai naik 35 persen di Maret 2023
Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023