Tadi siang sudah dibagikan di tenda pengungsian
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sosial Kota Jakarta Utara menyalurkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak kebakaran di Jalan Ampera Besar RW 06 Pademangan Barat, Pademangan, Sabtu.

Sejumlah bantuan yang disalurkan meliputi beras, mi instan, biskuit, sarden, minyak goreng, kecap, terpal dan selimut. Selain itu, tikar, handuk, pakaian, popok bayi, sarung, mukena, perlengkapan mandi, alas tidur (matras), perlak, air mineral dan lain-lain.

"Ada dua tenda yang telah disiapkan untuk korban pengungsian sementara. Sewaktu sahur, kami juga sudah menyalurkan 200 porsi makanan siap saji sesuai permintaan di lapangan dari pihak RW," ungkap Kepala Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Kota Jakarta Utara Rizqon Hermawan saat dikonfirmasi.

Kebakaran di Jalan Ampera Besar Gang L RW 06 Kelurahan Pademangan Barat terjadi pada pukul 00.35 WIB dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 03.13 WIB setelah dikerahkan 18 unit pemadam kebakaran. Untuk data sementara terdapat 20 KK dan 80 jiwa terdampak kebakaran itu.

"Sesuai arahan dari pihak Kelurahan Pademangan Barat, kami juga menyiapkan 100 porsi makan siang untuk warga yang berada di tenda pengungsian. Kalau untuk pendampingan psikososial, kami masih menunggu info dari pihak wilayah RW atau kelurahan setempat," ujar Rizqon Hermawan.

Baca juga: Kebakaran melanda permukiman penduduk di Pademangan Barat

Camat Pademangan, Didit Mulyadi mengatakan, para penyintas kebakaran pada Sabtu dinihari di Jalan Ampera Besar di RW 06 Pademangan Barat akan difasilitasi bantuan untuk melewati masa sulit selama tiga hari ke depan.

"Saya dan Pak Wali (Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim) sudah mengecek ke lokasi kebakaran tadi pagi," kata Didit di Jakarta Utara, Sabtu.

Bantuan yang saat ini paling dibutuhkan seperti makanan siap saji sekitar 100 paket, pakaian dan selimut. "Tadi siang sudah dibagikan di tenda pengungsian," katanya.

Sebanyak 20 kepala keluarga penyintas kebakaran saat ini mengungsi ke dalam dua tenda yang disiapkan oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta dan relawan sosial (Tagana) di jalanan komplek di RT03/RW06, belakang Gedung Samsat Jakarta Utara.

Baca juga: Ciu picu tawuran remaja di Pademangan

Data sementara ada tiga balita dan satu lansia yang ikut mengungsi di dalam tenda.

Didit mengatakan, sebagian penyintas ada yang mengungsi ke rumah sanak saudaranya, sebab perkiraan total penyintas kebakaran pada dinihari itu berjumlah 132 orang (40 KK).

Berdasarkan data dari Petugas Sosial Kesiapsiagaan Bencana (PSKB) Sudin Sosial Kota Jakarta Utara menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu.

"Kami akan berupaya agar semua korban dapat terfasilitasi dengan bantuan sampai tiga hari ke depan," kata Didit.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023