Indonesia dan Malaysia punya rumpun budaya yang sama...."
Jakarta (ANTARA News) - Berbagai tari tradisional asal Indonesia dan Malaysia mewarnai jalannya konser "Ekspresi Karya Gemilang" yang diselenggarakan PT. Minamas Plantation Indonesia di Mata Elang International Stadium (MEIS), Ancol, Senin malam.

Tari Ronggeng Betawi didapuk sebagai tarian pembuka konser yang diadakan untuk mempererat hubungan Indonesia dan Malaysia ini.

Dilengkapi dengan alunan aransemen tradisional dari Ublet Orkestra, konser sangat kental menampilkan budaya kedua negara Indonesia dan Malaysia. Kemudian hadir tari "Pembuka" yang memadukan kesenian bela diri pencak silat dengan tarian Melayu. Disusul Tari Kipas Melayu dan Tari Joger Cangkungcak, yang terinspirasi dari kisah para nelayan di Malaysia.

"Indonesia dan Malaysia punya rumpun budaya yang sama. Kelompok musik penari, penyanyi dan divisualkan dengan etnis budaya menghadirkan hiburan yang dibuat untuk masyarakat Indonesia dan Malaysia," ujar Direktur Artistik konser, Deny Malik.

Tak ketinggalan Tari Dayak Nusantara dan Tari Zulu dikemas apik oleh koreografi Deny Malik Entertainment menggambarkan misteri Kalimantan dan Papua.

Konser 'Ekspresi Karya Gemilang' ini juga menampilkan serangkaian pagelaran musik dan kesenian dengan menghadirkan jajaran artis Indonesia dan Malaysia seperti Rossa, Amy Search, Siti Nurhaliza, Shila Amzah, Ungu, Armada, Inka Christie, dan Titi DJ.

Konser ini juga akan diadakan sekaligus di beberapa kota lainnya seperti Pekanbaru pada 12 Desember di lapangan Batrai Kodam, dan Banjarmasin pada 14 Desember bertempat di stadion Lambung Mangkurat. (tri) 

Pewarta: Tria Dianti
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012