Jakarta (ANTARA) - Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi mengatakan film "Buya Hamka" merupakan film layar lebar bertema biografi tokoh yang perlu diteladani dan dicontoh oleh masyarakat Indonesia.

“Saya berterima kasih kepada Falcon Picture yang menghadirkan kehausan masyarakat di Indonesia akan hadirnya biografi tokoh-tokoh, teladan-teladan yang perlu dicontoh. Inshaa Allah, kami Pemerintah Provinsi Sumatera Barat siap menjadi yang terdepan ketika menghadirkan film-film seperti 'Buya Hamka' ini,” ujar Mahyeldi saat Gala Premier “Buya Hamka” di Jakarta Selatan, Minggu.

Perhelatan Gala Premiere film “Buya Hamka” diklaim oleh Falcon Picture sebagai gelaran premiere paling meriah yang pernah disajikan oleh rumah produksi ini, mengingat gelaran ini dilakukan selama satu hari penuh dengan jumlah undangan lebih dari 12 ribu.

Baca juga: Vino G Bastian akui ada beban perankan Buya Hamka

Selain menonton film “Buya Hamka”, para undangan juga dihibur dengan pagelaran musik, tari dan parade khas Minang yang melibatkan puluhan peserta, serta aneka sajian hidangan khas Minang dan takjil untuk berbuka puasa.

Tarian asal Sumatera Barat saat Gala Premier “Buya Hamka” di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Minggu (9/4/2023) (ANTARA/Lifia Mawaddah Putri)

Produser Falcon Pictures Frederica mengatakan bahwa kemewahan Gala Premiere film “Buya Hamka” ini adalah sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh Buya Hamka sendiri.

“Kita menggarap film ini, dengan kerja keras dan biaya yang besar. Acara gala premiere juga dibuat mewah dan meriah, sebagai bentuk penghormatan kepada sosok Buya Hamka, maka kami berusaha memberikan yang terbaik untuk film 'Buya Hamka'," terangnya.

Pada kesempatan yang sama Produser Starvision Chand Parwez merasa senang dengan apresiasi positif dari seluruh lapisan masyarakat untuk film “Buya Hamka”.

“Film ini bisa dinikmati oleh seluruh keluarga dari generasi Z hingga generasi orangtua dan kakek neneknya, perjuangan hidupnya menginspirasi, dari semangat belajarnya dan perjalanan beliau yang penuh romantika dan sangat menarik. Film yang sangat dibutuhkan sebagai pencerahan kehidupan yang amanah untuk semua orang," jelas Chand Parwez.

Aktor Vino G Bastian yang berperan sebagai Buya Hamka juga mengaku senang karena film layar lebar itu akhirnya tayang setelah melalui penantian panjang.

“Senang sekali, setelah bertahun-tahun akhirnya film Buya Hamka bisa tayang di bioskop. Terus terang, saya tidak nyangka, gala premierenya dibuah semewah ini. Semoga, apa yang telah kita berikan untuk film ini, bisa memberikan sebuah tuntunan untuk penontonnya," kata Vino.

Selain Vino G Bastian, film ini juga akan dibintangi oleh Laudya Chintya Bella dan Desy Ratnasari. Film yang akan tayang diseluruh bioskop Indonesia pada tanggal 20 April 2023 ini, juga diperankan oleh deretan aktor ternama lainnya yakni Donny Damara, Anjasmara, Reza Rahardian, dan berbagai pelakon papan atas lainnya seperti Ayu Laksmi, Marthino Lio, Reybong, Mawar De Jongh, Mathias Muchus Verdi Solaeman, Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kesuma, Cok Simbara, Roy Sungkono, Yoriko Angeline, Ajil Ditto, Zayyan Sakha, dan Yoga Pratama.

Baca juga: Usai ziarah, pemain film Buya Hamka siap gelar Gala Premier di 18 kota

Baca juga: Butuh 30 hari bangun set surau dan kincir angin "Buya Hamka"

Baca juga: Gubernur Sumbar: Film Buya Hamka sarat nilai teladan


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023