Jakarta (ANTARA/JACX) - Megabintang sepak bola Cristiano Ronaldo muncul menggunakan jas abu-abu serta dasi cerah dalam sebuah rekaman gambar di Instagram pada 6 April 2023.

Pemain Al-Nassr FC itu tampak sedang menjalani sesi wawancara berbahasa Inggris, pada unggahan yang sudah disukai 123.218 pengguna Instagram.

Akun pengunggah yang memiliki 1,2 juta pengikut tersebut turut menarasikan bahwa Ronaldo, dalam video itu, tengah memberikan dukungan kepada Indonesia terkait penolakan kedatangan Timnas Israel di Piala Dunia U-20.

Berikut isi narasinya:
"Cristiano Ronaldo Dukung Keputusan Indonesia Tolak Timnas Israel di Piala Dunia U20, Namun Sesalkan Langkah FIFA yang Membatalkan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U20,".

Lantas, benarkah video di Instagram itu berisi dukungan Cristiano Ronaldo kepada Indonesia perihal penolakan Israel di Piala Dunia U-20?
 
Tangkapan layar narasi hoaks yang menyatakan Cristiano Ronaldo dukung Indonesia tolak Israel di Piala Dunia U-20 (Instagram)


Penjelasan:
Pencarian fakta ANTARA menunjukkan rangkaian wawancara pemain bola 38 tahun itu tidak terkait dengan Piala Dunia U-20. Apalagi membahas soal sikap Indonesia terhadap timnas Israel.

Cristiano Ronaldo, dalam video tersebut, memberikan pernyataan untuk pertama kalinya kepada media, setelah bergabung dengan klub sepak bola Al-Nassr pada Januari 2023.

Pada kesempatan tersebut, pesepakbola asal Portugal itu mengatakan masa bermainnya di Eropa telah usai dan menyampaikan kepindahannya ke klub sepak bola asal Arab Saudi itu akan menjadi tantangan baru.

Rekaman lengkap wawancara itu dapat dilihat pada video milik kanal YouTube terverifikasi ini.

Dengan begitu, video di Instagram dengan narasi klaim dukungan Ronaldo terhadap Indonesia adalah hoaks.

Klaim: Cristiano Ronaldo dukung Indonesia tolak Israel di Piala Dunia U-20
Rating: Hoaks

Baca juga: Ronaldo buka suara tentang kepergiaannya dari Manchester United

Cek fakta: Hoaks! Cristiano Ronaldo masuk Partai Golkar

Baca juga: Messi nomine Pemain Terbaik FIFA, Ronaldo tak masuk

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023