... bahwa Koalisi Oposisi Suriah kini cukup inklusif, reflektif dan cukup representatif... mereka sebagai wakil sah rakyat Suriah yang menentang rezim Bashar... "
Washington (ANTARA News) - "Amerika Serikat telah memutuskan secara resmi mengakui koalisi pemberontak oposisi Suriah yang berjuang menggulingkan Presiden Suriah, Bashar al-Assad, sebagai wakil sah satu-satunya rakyat Suriah," kata Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, Selasa.

"Kami telah membuat keputusan bahwa Koalisi Oposisi Suriah kini cukup inklusif, reflektif dan cukup representatif dari populasi Suriah sehingga kita menganggap mereka sebagai wakil sah rakyat Suriah yang menentang rezim Bashar," kata Obama, dalam wawancara dengan jaringan televisi ABC.

Dia menggambarkan langkah itu sebagai langkah "besar".

Dalam ringkasan wawancara yang disiarkan di situsnya, ABC news mengatakan langkah tersebut tidak termasuk keputusan untuk memberikan senjata kepada pemberontak Suriah, namun membuka pintu untuk kemungkinan itu di masa depan.

Koalisi Nasional Revolusi Suriah dan Pasukan Oposisi (SNCROF) dibentuk pada 11 November di Doha, Qatar, dan menyatakan dirinya sebagai wakil sah rakyat Suriah. Legitimasinya sejak saat itu telah diakui oleh Uni Eropa dan Inggris.

"Jelas, dengan pengakuan itu datang tanggung jawab," kata Obama.

"Untuk memastikan bahwa mereka mengorganisir diri secara efektif, bahwa mereka mewakili semua pihak, [dan] bahwa mereka berkomitmen untuk melakukan transisi politik yang menghormati hak-hak perempuan dan hak-hak minoritas," kata Obama.

(H-AK/A023)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012